TERLAHIR KEMBALI

  • Senin, 15 Mei 2017 00:30 WIB

Suzuki Jimny SJ410 1982 | Kodjang

JIP -Awalnya, Wahyudi hanya ingin membangun sebuah Suzuki Jimny untuk digunakan harian dan berpenampilan modis. Dengan bermodal Jimny yang telah lama ia miliknya, Wahyudi pede untuk memulai proses restorasi. Namun kenyataannya tidak semudah yang dibayangkan. Banyak kendala yang ditemui saat membangun Jimny berkelir orange cerah ini. Seiring berjalannya waktu, Wahyudi pun nyerah dan menyerahkan jip kesayangannya ini pada ahlinya.

Awal masalah adalah engine swap yang dilakukan oleh pria asal Palembang ini. Karena atas rekomendasi teman, Wahyudi menggusur mesin F10A bawaan Jimny untuk ditempati dengan mesin yang lebih modern. Pilihannya jatuh pada mesin K10A bawaan Suzuki Wagon R. Namun Wahyudi kurang beruntung lantaran mesin empat silinder turbo dengan teknologi katup variable tersebut didapat tidak dalam kondisi terbaiknya.

Wahyudi akhirnya menyerahkan pengerjaan Jimny dan mesin K10A kepada Wawan, salah satu pecinta Jimny asal Malang, Jawa Timur. Di tangan Wawan, mesin K10A dikembalikan ke performa optimalnya. Kondisi mesinnya dipertahankan standar lantaran performanya dianggap sudah lebih dari cukup untuk menghela bobot ringan Jimny.

Hanya saja, posisi engine mounting custom-nya diperbaiki lagi agar lebih optimal dalam membopong mesin. Girboksnya pun kini menggunakan manual 5 percepatan dari mesin K10A. Namun transfer case tetap dipertahankan milik Jimny SJ410. “Kalau sekedar untuk harian atau fun offroad sudah lebih dari cukup performanya. Pemiliknya juga berpesan agar nyaman juga dipakai harian,” sahut Wawan.

Dari segi tampilan, kini lebih segar dengan beberapa komponen dari Jimny JA11, mulai dari kap mesin, grill, fender dan pintu belakang. “Sekedar terlihat lebih enak dipandang mata saja, kebetulan ada yang menawarkan part bodi Jimny JA11 sekalian dipasangkan,” ujar Wawan dengan nada merendah. Sementara untuk aksesori penunjang offroad lainnya dibuatkan secara khusus oleh Wawan untuk Jimny satu ini.

Wawan merasa bahwa Jimny ini seperti seperti terlahir kembali. Kondisi tampilan dan performanya yang prima, ditambah tampilannya kini yang jauh lebih segar membuat Wahyudi sangat puas. Meski hanya sekedar digunakan untuk harian, namun Wahyudi menunjukkan bahwa kecintaannya pada Jimny miliknya patut diacungi jempol. Pratomo FJ / Kodjang

Spesifikasi:

Mesin               : Suzuki K10A, 996 cc empat silinder VVT dengan turbocharger

Transmisi         : Manual 5 percepatan

Gardan             : OEM Suzuki Jimny SJ410

Pelek               : Modular 15x8 inci

Ban                  : GT Radial Savero Xtreme 31-10,5 inci

Winch              : Warn 26502 M8000

Bumper depan

& belakang      : custom

Lampu depan

& belakang      : custom

Jok depan        : custom bucket seat

Seatbelt           : Takata

Roll bar            : Custom 6 titik

Per                   : OEM Suzuki Jimny SJ410

Sokbreker        : Bilstein

Final gear         : OEM Suzuki Jimny JA11 8.43:1

Kap mesin & grill : Suzuki Jimny JA11

Pintu belakang : OEM Suzuki Suzuki Jimny JA11

Reporter : Jip
Editor : inne

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×