Kopling hybrid ala Prancis

  • Selasa, 8 Agustus 2017 11:00 WIB

Kopling hybrid ala Prancis | Suryo Sudjatmiko

JIP - Banyak cara untuk meningkatkan performa kendaraan. Tak hanya mengoprek-oprek persoalan mesin belaka, namun peranti penyalur tenaga alias kopling jangan sampai terlupakan.

Pada peranti inilah tenaga yang diperas dari mesin disalurkan melalui transmisi dan kemudian ke roda. Maka tak sedikit orang yang berupaya melecut performa kendaraan lewat peranti ini.

“Semakin baik kualitas kopling maka tenaga yang disalurkan dari mesin akan semakin baik dan solid tersalurkan pada transmisi,” tutur Wastro Audi punggawa bengkel Champ di bilangan Cipinang Jakarta Timur.  

undefined
Perangkat kopling set peugeot lebih berat dari Jimny
undefined
Perangkat kopling set Jimny

Jimny SJ410 dengan mesin kecilnya harus bisa menjaga tenaga dan torsinya pada putaran 3000 rpm dan harus mahir mainkan pedal kopling dan juga gas secara hampir bersamaan.

Sehingga tak jarang peranti kopling menjadi bagian yang paling sering dibully. “Saat off-road tak jarang memaksa peranti kopling bekerja ekstra keras menghantarkan tenaga mesin.

Tak jarang saat temperatur kopling sudah tinggi tenaga gagal disalurkan sepenuhnya,” sambung pria yang akrab disapa Haji Is ini.

undefined
Contact point dengan kampas kopling bawaan asli Jimny lebih kecil.
undefined
Karena kampas kopling Peugeot lebih besar, Hal ini memberikan cengkraman yang lebih kuat

Mengganti dengan produk aftermarket seperti Centreforce, sah-sah saja. Sayang sekali perangkat dari merek ini yang diperuntukkan bagi Jimny tak hanya susah dicari namun juga harus ditebus dengan harga yang cukup membuat alis berkerut.

 

“Jangan putus asa, ada solusi jitunya kok ,” seru Wastro. “Namun kita harus mengkanibalkan dengan produk buatan Prancis. Kita akan gunakan hibah peranti kopling milik Peugeot 405,” bisiknya.

“Bukannya tidak percaya dengan produk bawaan Suzuki sendiri. Pengalaman menunjukkan bahwa peranti milik sedan Prancis ini memang kuat dan handal,” sambung Aan salah seorang pembesut Jimny yang menggunakan ramuan ini pada Jimnynya.

Reporter : Jip
Editor : inne

KOMENTAR

EMBED THIS ARTICLE

Copy and paste this code into your website.

×