KANAL 4Event

JIP - Suasana adventure terasa cukup kental dalam gelaran Simex Bali Real Adventure Off-road 2013 (SBRAO) (9-10/12) lalu. Memang, selama beberapa tahun belakangan ini event off-road adventure sudah jarang sekali menggunakan format country road (CR). Peluang ini justru dimanfaatkan penyelenggarara SBRAO untuk menjadikan CR jadi pembeda dengan event lainnya. Special Competition Stage (SCS) pun tidak dilombakan.

“Dengan konsep adventure, kami berharap semua kalangan penyuka off-road di Bali dapat berpartisipasi. Dan ternyata antusias pun besar, baik dalam peserta kelas extreme maupun standar,” ungkap Rudi Josano selaku ketua panitia. “Peserta pun membludak, hingga akhirnya kami batasi sebanyak 116 kendaraan saja yang ikut serta,” tambahnya.

Simex sebelumnya sudah pernah mengadakan event serupa di Bali 10 tahun silam. “Tapi tahun ini kami tidak hanya menyuguhkan trek ekstrem saja. Karena peserta juga akan dimanjakan pemandangan indah. Dan peserta tidak perlu khawatir kendaraannya jebol mengikuti gelaran ini,” terang Rudi.

Pelepasan peserta dilakukan di parkiran hotel Primebiz, Kuta. Saking banyaknya peserta, hanya sebagian saja yang turut hadir dalam acara pelepasan. Sisanya sudah menunggu di sekitar lokasi CR.

Rute konvoi memutari sedikit Pulau Bali sebelum akhirnya menuju lokasi CR. Gerungan ban-ban Simex terdengar merdu saat melintasi jalan tol Bali. Selain pemandangan indah Bali, sisa Penjor bekas persembahan acara Galungan membuat perjalanan semakin indah saat memasuki daerah Cangu.

Memasuki CR, para peserta diajak menyusuri sekitar pematang sawah. Di sini pemandangan sawah dan pantai jadi kombinasi yang sempurna. Peserta pun sudah menyantap suguhan handicap yang cukup berat. Trek CR berubah jadi lumpur setelah dilewati beberapa kendaraan. Winching point tidak ada, sehingga seluruh peserta harus gotong royong menolong peserta lainnya.

Setelah diberi trek yang menantang, saatnya peserta menikmati pesona alam Bali. Dengan menelusuri pantai Yeh Gangga menuju pantai Klecung, Tabanan, tempat campsite peserta. Rute perjalanan menyusuri pantai terasa cukup panjang. Tapi tenang, beberapa CR extreme sudah disiapkan. Jadi bila bosan melewati pantai tinggal masuk ke dalam beberapa CR tersebut.

Jalannya event pun semakin seru dengan hadirnya peserta dari Australia. Chris Hummer dan Neil Cooper - off-roader yang biasa berlaga pada event bergengsi di Australia. Kesempatan untuk para off-roader lokal bertukar pengalaman seputar off-road.

“Peserta kali ini jauh lebih banyak. Dan off-roader Indonesia jauh lebih siap  kendaraan dan mentalnya,” ungkap Chris Hummer yang pernah berpartisipasi sepuluh tahun silam di event Simex. “Handicap juga lebih beragam dari sepuluh tahun lalu. Karena sepuluh tahun lalu trek melewati daerah pegunungan saja,” tambahnya.

Co-driver bekerja ekstra keras di beberapa handicap. Harus menarik winch dengan titik winching yang sulit. “Too slow,” canda Neil Cooper yang bertugas jadi co-driver Chris. Memang dibandingkan co-driver tanah air, Cooper terlihat lebih gesit dengan umur yang sudah mendekati kepala lima. Ayo, co-driver tanah air jangan mau kalah dong! He he he.

Setibanya di basecamp, peserta rehat sejenak. Panitia sudah mempersiapkan beberapa games ala Simex untuk peserta. Dari games ini seluruh peserta nantinya akan memperebutkan beberapa set ban Simex Extreme Trekker.

“Games untuk para peserta dirancang agar bisa menggabungkan antara akal dan skill. Sehingga driver dan co-driver dituntut untuk klop dalam satu kendaraan,” jelas Master yang merancang games di SBRAO 2013.

“Memperebutkan hadiah dengan games sepertinya lebih menarik. Mengandalkan akal dan ketelitian. Sehingga lebih adil dalam memperebutkan hadiah, Kelas standar juga dapat bersaing,” terang Hen salah satu peserta dari tim Kebo Team Offroad.

Malamnya peserta pun kumpul bareng. Tidak afdol tentunya kalau camping tidak ada barbeque. Untungnya panitia sudah mempersiapkan acara tersebut. Setelah kenyang off-road, giliran perut peserta yang dikenyangkan dengan daging bakar.

Mantap!

Teks & Foto   : Rindra P


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
REVIEW PRODUK | WINCH WINCHESTER
REVIEW PRODUK | WINCH WINCHESTER
JIP TWITTER FEED
Review Produk