KANAL 4News

JIP - Beberapa waktu lalu, kami kembali lagi ke Aceh. Namun kali ini tidak terkait dengan JipTrip 7 Days Paradise, melainkan atas undangan Pengda IOF Aceh, untuk menghadiri pelantikan ketua dan pengurus baru, sekaligus melihat proses pelatihan anggota Pengcab IOF Aceh. Kebetulan, salah satu penyaji materi adalah Insuhendang Iranto, yang juga awak redaksi kami, jadi sekalian mengintip Kang Insu beraksi.

Sebenarnya sih, masih ada kaitan sedikit dengan JipTrip. Pasalnya, ketua IOF Aceh yang baru, adalah Fouzi Muhammad. Dalam kesehariannya, Bang Fouzi adalah Managing Director PT Dunia Barusa, yang juga sponsor utama kami di JipTrip 7 Days Paradise lalu.

Bang Fouzi, yang relatif baru kami kenal, memang sosok berbeda dibanding yang sering kami temui di lingkungan IOF dan komunitas off-road. Sering terlibat dalam berbagai kegiatan off-road di Aceh, dan memelihara 4x4 Toyota siap tempur, namun Fouzi tak pernah malu mengakui, bila dia sendiri kurang piawai mengemudi di jalur tanah. “Saya memang gak bisa off-road Bang,” ujarnya senyum-senyum.

Jujur, kami memang belum pernah melihat dia berkubang lumpur dengan Hilux atau Fortuner 4x4 –nya. Namun, bicara perannya di beberapa organisasi, termasuk sebagai ketua IOF Aceh yang baru, rasanya sulit mencari orang sekelas Fouzi Muhammad. Sistem manajemen yang dia terapkan, terbukti efektif dan praktis. Toh, dia tak pernah berhenti berusaha melakukan perbaikan. Beberapa hari mengikuti persiapan event bersama Fouzi, kami berkali-kali ditanya, “Apa lagi yang bisa kami sempurnakan?”

Dari situ, kami bisa memahami bagaimana dia mengatur event, untuk mencapai kualitas terbaik. Meminjam istilah manajemen, Fouzi adalah orang yang result oriented, namun sangat memperhatikan proses. “Saya hobi menyempurnakan work flow,” imbuhnya.

Salah satu program awal Fouzi di IOF Aceh, adalah membuat pelatihan bagi para wakil pengcab IOF wilayah Aceh. Menurut Fion Kamil, salah satu penyaji materi pelatihan, ini adalah kali kedua pelatihan semacam ini, sepanjang keikutsertaannya di IOF. Masih sangat langka dibandingkan jumlah Pengda IOF yang ada di hampir semua provinsi.

Dan sama seperti kami, Fouzi pun sepakat bahwa pelatihan seperti ini penting, untuk kemajuan IOF, serta komunitas off-road di wilayah Aceh. Pasalnya, meski hanya tiga hari (19-21 Juni), namun materi yang dibawakan cukup lengkap, dan efektif, karena menyangkut semua kegiatan yang bakal digawangi oleh Pengda IOF Aceh. Dari pelaksaan event hingga membawa logistik untuk bencana, dari lalu lintas, hingga teknik mengemudi off-road.

Termasuk di dalamnya soal tata tertib lalu lintas yang diisi langsung oleh Dirlantas Polda Aceh, Kombes Pol Drs Syamsul Bahri MM. Beberapa waktu sebelumnya, Pak Syamsul berperan besar dalam pelaksanaan rangkaian acara JipTrip 7 Days Paradise di Aceh. Dari situ, kami pun tahu bahwa beliau ternyata penggemar off-road juga.

Di sela-sela pelaksaan pelatihan, para peserta juga mendapat tamu istimewa, yakni Ketua IOF, Bapak Drs. Roesman Hadi yang memang hadir, sekaligus dalam rangka melantik pengurus baru IOF Aceh.

Dari program pelatihan ini saja, dan melihat beberapa persiapan event di Aceh, rasanya provinsi paling ujung Sumatera itu layak menjadi panutan untuk organisasi atau lembaga semacam IOF. Apa yang dikerjakan sudah terstruktur dengan rapi, dan eksekusinya nyaris tanpa cela. Ujung-ujungnya, IOF bukan hanya bermanfaat bagi anggotanya saja, tapi juga bagi masyarakat umum serta lingkungannya.


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
JIP TWITTER FEED
Review Produk