KANAL 4Event

JIP - Setelah puas mandi di sungai yang airnya bening. Pagi ini kami melanjutkan perjalanan mendekat ke Kota Meulaboh. Ini hari terakhir perjalanan JIP Trip 7 Days Paradise Exploring Aceh 2014. Tapi terlihat mimik semua peserta masih bersemangat.

Memasuki kota Meulaboh kami disambut oleh IOF Pengcab Meulaboh. “Pesen kopi Bang! Di sini kopinya juga terkenal enak,” ucap Iskandar salah satu teman di Meulaboh. Kedai Kupi Atjeh ramai dengan peserta JIP Trip pagi itu. Nasi lemak dengan lauk semacam ayam gulai sudah terhidang di meja. Ayo santap!

Usai sarapan dan bercengkrama sejenak, kami diajak ke tugu Topi Aceh. Mengunjungi salah satu ikon di Kota Meulaboh, sebelum melanjutkan perjalanan ke Banda Aceh. Kami pun dapat kenang-kenangan yang diserahkan oleh IOF Meulaboh di jembatan Kuala Bubon.

Perjalanan menuju Kota Banda Aceh, dari Meulaboh melewati daerah Calang. Jalan yang kami lewati tampak mulus dan sepi. Rombongan berjalan dengan kecepatan sedang. Menikmati pemandangan yang ada di sisi kiri kanan jalan.

Tiba-tiba terdengar cerita yang menggetarkan hati kami. “Kurang lebih 10 tahun silam daerah Calang ini tersapu bersih oleh Tsunami,” ucap Fion lewat radio komunikasi. Pada saat itu Fion tergabung dengan rekan IOF dari Jakarta datang dan membantu bencana di Aceh. Saat itu hanya dua instansi yang pertama dikirim ke Aceh dari Jakarta yaitu instansi Militer dan IOF. “Daerah Calang inilah tempat dulu kami datang ketika Aceh tertimpa Tsunami,” tambahnya.

Jalan lurus dan halus yang kami lewati merupakan jalan baru hasil sumbangan dari dunia. “Dulu jalanan ini seperti karpet. Banyak aspal yang tergulung atau terlipat, pindah ke kiri atau ke kanan dari posisi aslinya,” begitu cerita Fion ketika menggambarkan betapa dasyatnya gelombang Tsunami yang menerpa. Kini jalanan dan pemandangan bagus jadi suguhan saat melewati Calang. Pasti yang hobi travelling dengan kendaraan sangat suka kalau melewati daerah ini.

“Semua bangunan yang kita lewati ini, bangunan yang baru dibuat setelah Tsunami,” jelas Fion yang menjelaskan lewat radio komunikasi. Saya pun langsung melihat sekeliling, rombongan berjalan tidak terlalu kencang. Pasti semua sedang membayangkan kondisi yang kami lewati 10 tahun lalu. Bangunan dengan warna senada satu sama lainnya ini berjejer sepanjang jalan. Ada yang dihuni, dan tidak jarang ditinggalkan begitu saja.

Pantai Calang memang indah. Pantainya bersih, dan ditumbuhi pohon-pohon pinus kecil. Benar-benar pemandangan indah dan unik. “Semua pohon yang ada saat ini merupakan pohon baru. Dulu hampir semua pohon tercabut dan berserakan dimana-mana bagaikan tusuk gigi,” lanjut Fion.

Kami semua pun terdiam mendengar cerita dari Fion. Mata pasti berkaca-kaca mendengar kisah ini, sambil melihat pemandangan indah dari jendela kendaraan kami masing-masing. Kebayang seperti apa luluh lantahnya daerah yang kami lewati ini. Kini menjadi sebuah daerah indah yang menyimpan tragedi mengerikan.

< PREV

 

Teks    : Rindra P

Foto    : Ferlie & Rindra P

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
REVIEW PRODUK | WINCH WINCHESTER
REVIEW PRODUK | WINCH WINCHESTER
JIP TWITTER FEED
Review Produk