KANAL 4Modifikasi

JIP - Sebenarnya aku bukanlah ikan Koi yang sesungguhnya. Lagipula mana ada sih ikan Koi yang doyannya makan batu?  Makanan ikan Koi normal masihlah cacing atau setidaknya pelet. Aku dinamai RockKoi oleh Arinda – majikanku karena kecintaannya pada dua dunia sekaligus. Yaitu off-road di trek berbatu dan juga memelihara ikan Koi. Biar gampang diingat maka aku pun dinamai RockKoi.

Mulanya aku hanyalah sesosok Jeep CJ-8 Scrambler yang tak terurus. Oleh Arinda aku dipungut dan dibawa ke bengkel ProRock Engineering Solo. Majikanku minta pada Widodo Teguh – owner ProRock Engineering untuk mengubah penampilanku agar bukan hanya terlihat macho tetapi juga tangguh diajak bermain off-road.

Rencananya majikanku akan banyak bermain off-road dekat sungai. Mungkin hobinya memelihara ikan Koi ikut mempengaruhi kesukaannya bermain-main di sungai. Hehehehe… Karena bermain di sungai, maka tantangan trek yang dihadapi bukan hanya genangan air yang lumayan dalam tapi juga lumpur dan bebatuan. Otomatis modifikasinya pun punya style yang berbeda dibanding penyuka kompetisi.

Kalau mau jujur, modifikasiku sebenarnya gabungan dari jip untuk rock crawling dan juga adventure off-road. Setting suspensi, pilihan ban, peranti recovery yang dipasang semua mencerminkan perpaduan kebutuhan untuk dua macam jenis off-road itu. Yang pasti, nuansa jip modifikasi ala Amerika Serikat terasa kental di badanku. Bener nggak?

Maklum saja, Widodo Teguh memang modifikator penyuka dandanan 4x4 dari Negeri Paman Sam. Selain pernah menimba ilmu rancang bangun kendaraan kompetisi di sana, hubungan pertemanan dengan berbagai komunitas 4x4 dan juara off-road di Amrik sedikit banyak mempengaruhi desainnya.

Apalagi badanku CJ-8 Scrambler, jadi pas banget deh! Silahkan pelototi penampilanku mirip jip yang biasa dipakai offroader Paman Sam apa enggak. Ah, yang penting sekarang, aku jadi sering diajak menyusuri sungai di hutan Bromo Karanganyar yang punya banyak bebatuan gede. Kalau mau jujur sebenarnya Widodo Teguh juga yang meracuni majikanku.

Malah karena sekarang keasyikan main batu, majikanku masih ingin mengupgrade kemampuan yang aku miliki. Katanya sih biar aku enggak gampang rusak dan bisa melahap berbagai trek ekstrem.

Atur saja deh Boss!

Teks : R Tunggul Birawa

Fotografi : Ferlie Milawanti

 

Mesin

Mesin asli bawaan CJ-8 tak lagi pas buatku. Agar makin dahsyat kemampuanku makanya dipasang comotan dari Chevy V8 LS Series yang punya volume 5.300 cc dan bertenaga maksimum  335 hp. Meskipun sekarang teknologinya sudah model injeksi ternyata majikanku masih menyukai karburator sebagai pemasok bensin. Agar pasokan lancar jaya dipasang Makanya Holley Truck Avenger 670CFM. Karburator ini dirancang khusus agar di trek miring pun bensin tetap mengalir lancar ke ruang bakar. Selain itu berbagai komponen yang mendukung performa mesin seperti header, exhaust, pengapian, radiator, saluran bensin dan sebagainya juga ikut dibenahi.

Gardan

Gardan Dana 30 sumbu lebar dengan Yukon Chromoly axle shafts dan  Detroit Locker (depan), AMC20 sumbu lebar dilengkapi Yukon Chromoly 1Piece shafts dan ARB Locker (belakang). Final gir bikinan Yukon dipatok 1:4.56. Gardan sekarang dalam proses upgrade dan ditukar dengan  Currie F9 custom 35 spline heavy duty plus locker ARB. Final girnya dipatok 1:4,88 (depan dan belakang). Tujuannya agar makin tangguh melewati berbagai trek batu yang ekstrem.

Rock slider

Rock slider ini melindungi bodiku saat melewati tumpukan-tumpukan batu. Selain itu juga difungsikan untuk pijakan kaki majikanku saat keluar masuk kabin.

Jok

Untuk jok depan dipasang sepasang bikinan Corbeau tipe Ultra  dengan safetybelt Simpson. Sedangkan satu jok bikinan Bestop di belakang driver untuk tempat duduk mekanik juga disiapkan. Jadi kalau ada apa-apa denganku di jalan, majikanku tak pusing lagi.

Suspensi        

Sistem suspensi memakai model 3 Link - Panhard front suspension by ProRock + 1.75" Aluminium 7075 Arms. 1" Rod Ends (IKKO) Japan + Sokbreker ORI Struts 12" travel, Rough Country CJ 4" leaf springs (belakang) + FOX 2.5" Reservoir Rear Shocks + Spidertrax Chromoly Shock mount tabs. Suspensi ini sekarang sedang diupgrade  dan diubah konstruksi belakangnya. Chassis dipotong, dan diganti semi tubular 4 link.

Interior

Dasbor asli CJ-8 namun panel indikatornya sudah ditukar dengan  Dakota Digital CJ Speedo and Gauge kit sehingga terlihat lebih modern. Stir berbahan aluminium bikinan Joes lengkap dengan  quick releasenya makin membuat kesan terkini. Apalagi B&M RHD Automatic TH400 shifter dan Twinstick Shifter by ProRock juga dipasang di kabin. Rasa modernnya makin kental.

Pelek dan Ban

Pelek TR Racing 17" beadlock dipadukan ban Super Swamper IROK 36x13.5x17 membuat CJ-8 ini asyik diajak melahap beragam trek off-road.

Spesifikasi Teknis

Mesin                      : LS Series 5.3L V8 Chevy engine, 335hp

Manifold                 : Edelbrock Victor Jr Intake Manifold

Ignition                   : Edelbrock LS Ignition Controller

Karburator               : Holley Truck Avenger 670CFM

Header                    : Custom Ceramic Coated Headers

Exhaust                   : Custom Borla Exhaust system by ProRock, Borla 40641 XR1 Race Muffler

Fuel Kit                   : Summit

Filter Udara             : Edelbrock

Radiator                  : Griffin Aluminium with Proform 16" electric Fan + PSC aluminium radiator overflow kit

Valve Cover              : Holley LS Billet valve cover

Girboks                     : TH400 Stage4 Automatic Transmission

Adaptor                    : Advance Adapters TH400 to Dana 300 adapter

Transfercase            : Dana 300 with Teralow Kit 4 to 1 ratio gears

Shifter                     : B&M RHD Automatic TH400 shifter + Twinstick Shifter by ProRock

Oil Cooler               : Derale 12" aluminium Gearbox oil cooler

Gardan              : Dana 30 wide trac, with Yukon Chromoly axle shafts, Detroit Locker, 4.56 Yukon Gears (depan), AMC20 wide trac, with Yukon Chromoly 1Piece shafts, ARB Locker, 4.56 Yukon Gears (belakang)

Locker                    : ARB Air Compressor

Cover Gardan        : Solid Axle Industries USA D30

As Kopel               : Custom Yoke by ProRock

Suspensi               : 3 Link - Panhard front suspension by ProRock + 1.75" Aluminium 7075 Arms

1" Rod Ends (IKKO) Japan + Sokbreker ORI Struts 12" travel, Rough Country CJ 4" leaf springs (belakang) + FOX 2.5" Reservoir Rear Shocks + Spidertrax Chromoly Shock mount tabs

Steering                 : PSC SE Full Hydraulic Steering System + ProRock 7075 Aluminium tie rod kit with heim joints

Stir                          : Steering Wheel Joes aluminium + Joes quick release

Side Armor              : ProRock Custom including footstep

Roll Bar                   : Full Custom

Bumper                    : Custom by ProRock with winch mount

Fenders                    : Custom by ProRock

Tangki                      : Custom aluminium fuel cell with AN -6 fittings + Rear Corner Protectors

Dudukan Ban           : Custom swing tyre carrier

Kap Mesin               : Dimple Died Front Bonnet

Rem                  : 14" Cross Drilled Spidertrax Disc brake rotors + Wilwood Spider9 4-Piston callipers front and rear

Spacer                     : Spidertrax wheel spacers

Aki                           : Optima  

Winch                      : Smittybilt waterproof X20 with plasma rope (belakang), Warn M8274-50

Hand Brake              : Jamar hand brake

Cutting Brake           : Jamar Twin handle Cutting Brakes

Jok                           : Corbeau Ultra (depan), Bestop (belakang)

Lampu                : LED Rear tail lights, LED Rear indicator lamps, Warn HID Foglamps, KC Headlamps, Mopar fuel door JK, Daystar Super kit

Pintu                       : Wrangler YJ Halfdoors + New YJ door skins (USA)

Pelek                       : TR Racing 17" beadlock wheels

Ban                         : Super Swamper 36x13.5x17 IROK tyres

Cat                          : Herculiner Paint for Interior & Armour (Paint by Autotrek)

Kanvas                    : Bestop CJ8 Supertop + Bestop upper door sliders

Indikator                  : Dakota Digital CJ Speedo and Gauge kit

Bengkel                   : ProRock Engineering Solo


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
JIP TWITTER FEED
Review Produk