KANAL 4Modifikasi

JIP - Bagi mereka yang tumbuh di era 1980-90, atau mereka yang memiliki kuping bagus, tentu mengenal Roxanne, salah satu lagu hits dari grup legendaris The Police. Rupanya, lagu ini sepertinya menancap dalam pada sanubari Arif Basana Hutagalung. Sehingga ia pun mencanangkan memberi nama Roxanne, pada tunggangan kesayangannya, apapun itu wujudnya kelak. “Nama Roxanne terdengar seksi, dan akan menjadi nama bagi tunggangan saya yang juga harus berpenampilan seksi,” terang pria yang akrab disapa Arif ini.

Berbagai kendaraan silih berganti menjadi penghuni garasinya, namun tak satu pun yang dianggap pas untuk menyandang nama Roxanne. Hingga puluhan tahun kemudian, ia pun menemukan sebuah AMC CJ-8 yang dianggap layak.

Sebagai pecinta Jeep sejati, Arif paham betul bahwa CJ-8 memiliki populasi paling kecil dari keluarga besar Jeep CJ (kecuali CJ-10 yang hanya untuk kalangan militer). “Mencari CJ-8 tak semudah membalikkan telapak tangan, termasuk di negara asalnya Amerika,” terang pria yang berkecimpung dalam dunia pertambangan ini.

“Jip ini merupakan Jeep langka dan memiliki bentuk tubuh menawan. Menurut kamus saya, paduan antara kelangkaan dan bentuk menawan adalah seksi,” terang ayah dari Abbie, Abele dan Arlo ini. “Pokoknya serasa mimpi saat pertama kali berhasil mendapatkannya,” paparnya. “Selain itu sebagai kendaraan bahan restorasi, kondisinya cukup sempurna dan minim dengan karat. Mesinnya pun tergolong lengkap,” kekehnya.

“Warna merah merupakan warna pertama yang muncul dalam benak. Warna ini seolah menyatu dengan nama Roxanne,” jelasnya. Bahkan keyakinannya pun semakin kukuh setelah ia berhasil memperoleh interior berkelir garnet red, melalui Ebay. “Wah…..komplet sudah imej Roxanne nan seksi,” serunya. “Warna interior ini cukup langka pada CJ-8,” imbuhnya.

Walau kondisi bahan dapat dikatakan cukup baik, bukan berarti sempurna. Bagian lantai nampak bergelombang. Mungkin dahulu jip ini digunakan untuk mengangkut barang. “Butuh waktu 1 bulan untuk mengetok ulang lantai bak ini,” terangnya.

“Kita fokus pada pakem asli kendaraan, dan kita ikuti semua spesifikasinya sesuai yang tertera pada buku. Semua itu butuh waktu dan kesabaran,” sambungnya. Menurut Arif, pembuktian bahwa kendaraan tersebut sukses mengalami restorasi haruslah enak digunakan sebagai kendaraan harian.

“Kebetulan Roxanne sering saya gunakan untuk kegiatan harian,” kekehnya menutup perbincangan.

Mesin

Mesin AMC 258 12 bandul setia menjadi jantung bagi Roxanne. Mesin 6 silinder 4.2 liter ini selain telah mengalami overhaul total, juga diupgrade performanya. Cam Iskandarien berdurasi 270° disematkan, supaya jip ini lebih galak berakselerasi dibanding standarnya. Sementara modul pengapian dari Davies Unifield Ignition dipilih untuk menjaga pembakaran stabil dalam kondisi jalanan Jakarta.

Gardan

Gardan depan Dana 30 tidak ada perubahan sama sekali, tetap mengandalkan as roda bawaan kendaraan. Namun gardan belakang AMC 20 diupgrade dengan menggunakan as roda one piece heavy duty lansiran Summer Brother. Karena difokuskan pada pengunaan harian, maka final gir standar dengan rasio 3.55 : 1 tetap menjadi tumpuan.

Spion

Jeep memperkenalkan tiga tipe spion tanduk untuk CJ-5, CJ-6, CJ-7 dan CJ-8 pada era awal hingga pertengahan tahun 1980-an. Tipe berwarna hitam, tipe berlapis krom, dan yang paling langka adalah spion stainless steele, seperti pada Roxanne. Komponen satu ini didapat di Amerika, dari hasil perburuan melalui dunia maya.

Grill dan bumper

Lapisan krom menjadi lambang kemewahan dan keeksotisan kendaraan di era 1980-an. Semakin banyak bagian kendaraan yang dilapis krom, semakin tinggi pula gradenya. Grill dan bumper berlapis krom menunjukkan grade Roxanne. Supaya wajahnya lebih segar, maka sepasang mika lampu sein berwarna amber pun dipilih, menemani sepasang lampu tembak  SEV Marchal 850 GT.

Softtop

Softtop lansiran Witco yang lagi-lagi merupakan barang langka menjadi pelindung kabin. Tak hanya lembaran kain kanvasnya saja, namun kerangka softtop orisinal pun berhasil diboyong ke Indonesia.

Pelek

Pelek L-Star 8 inci khas CJ-8 menjadi pelek standar bagi jip ini. Pelek kaleng super langka ini dipadu dengan ban BFGoodrich All-Terrain, tak hanya mengentalkan aura Amerika pada jip ini, juga pendongkrak penampilan yang mujarab. Selain itu terdapat pelek lainnya yang lebih mengentalkan pada aura klasik. Pelek dan hubcap ini copotan dari Jeep Overland yang tergolong langka di Indonesia.

Tutup bensin

Tutup bensin orisinal CJ-8 dalam kondisi baru berhasil didapat. Barang new old stock (NOS) ini sekali lagi merupakan rentetan daftar barang yang didapatkan dari perburuan di dunia maya.

Detail

Detail menjadi cerita besar Roxanne. Jalur kabel untuk lampu dan piranti kelistrikan bagian belakang ini diberi penutup dari bahan pelat, dan ditempelkan pada sepatbor kiri belakang bagian dalam. Walau nampak sepele, namun dalam kamus restorasi yang dianut Arif peranti ini wajib ada.

Nama Roxanne

Nama Roxanne tertera jelas pada lis plang dari bahan alumunium yang berada di sebelah kiri dan kanan pintu bagian depan.

Interior

Jeep menyebutnya red garnet untuk warna pada interior CJ-8 ini. Dasbor, karpet hingga jok dilabur dengan warna merah. Sayangnya, khusus untuk jok, Arif gagal mendapatkan pelapis orisinalnya, sehingga ia harus rela untuk menggunakan bahan jok sintetik yang di dapatkan di pasar lokal Indonesia. Interior red garnet merupakan salah satu warna paling langka pada keluarga traditional Jeep dan kini menjadi perburuan pada kolektor.

Pernik orisinal

Pernik orisinal menjadi bagian dari pemandangan pada dasbor kendaraan yang satu ini. uniknya Arif sudah memiliki pernak-pernik ini jauh sebelum Roxanne menjadi bagian dari hidupnya.

Spesifikasi

Sasis                            : AMC CJ-8

Bodi                             : AMC CJ-8

Mesin                           : AMC 258 cu.in (4.2 liter) OHV 6 silinder inline 12 bandul

Cam                             : Isky 270 racing cam

Ignition                        : Davies Unified Ignition

Carborator                    : Carter 2 bbl

Header                         : custom 6-1 by Tanwir

Exhaust                        : Free flow exhaust by Tanwir

Transmisi                     : 4 speed manual Tremec T-176

Transfercase                : 2 speed part-time Dana 300

Clutch & kit                  : Mopar

Gardan                        : Dana 30 wide track (depan)

                                    : AMC 20 wide track (belakang)

Rear axle                     : one piece by Summer Brother

Suspensi                      : OEM Leaf spring

Shock                          : Monroe matic

Pelek                           : L-Star 8” chrome

                                    : OEM Jeep with Overland center rims (optional)

Tire                              : BFGoodrich AT 30 x R15

Softop                          : OEM Jeep by Witco 1985

Interior                         :  Garnet Red

Audio                           : OEM Jeep

Decal                           : Phoenix Graphix. USA

Headlight                     : SEV MArchal

Foglight                       : SEV MArchal 850 GT

Taillight                       : Grote

Steer                            : OEM Wagoneer  Garnet Red

Fuel tank                      : 80 liter

Paint /body work          : Southern Brother By BOCIN

Bengkel                       : Dikerjakan sendiri (Jeep Garden)     

             

   

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
JIP TWITTER FEED
Review Produk