KANAL 4Modifikasi

JIP - Awalnya, Teddy Gusnandar memiliki pandangan yang sama dengan Sandy. Namun pada pertengahan jalan ia pun berubah pendapat, dan menginginkan Land Cruiser bikinan tahun 1969 miliknya punya bekal beradaptasi dengan kondisi jalan dewasa ini.

“Awalnya sayang juga untuk memberikan sentuhan kenyamanan pada kendaraan ini, lantaran hal tersebut akan mengusik orisinalitas. Namun saya harus realistis, bahwa kendaraan ini haruslah dapat beradaptasi dengan kondisi sekarang. Di mana jalanan sudah sedemikian padat dan juga udara yang relatif panas,” jelasnya.

Namun demikian, Teddy memberikan batas yang sangat tegas pada si Kunyit. “Apapun itu wujud asli dari jip ini harus jelas kentara, sehingga kesan klasik tetap terjaga,” tutupnya.

Mesin

Spesifikasi dasar mesin dipertahankan, hanya saja untuk beradaptasi dengan kondisi sekarang ini mesin 3.8 ini mendapat tambahan beban dengan dipasangkannya power steering dan juga AC. 

Girboks

Girboks dan transfercase asli bawaan kendaraan tetap dipertahankan, dan sebelumnya dioverhaul. Hanya dengan melakukan penggantian bearing saja, kondisi girboks dan t-case ini kembali prima. 

Gardan

Baik gardan maupun suspensi masih mengandalkan bawaan asli kendaraan. Per daun bawaan kendaraan ini rupanya masih cukup baik dan minim korosi dan karat. Setelah dicermati dengan seksama, ternyata fungsinya pun masih dapat diandalkan, sehingga diputuskan untuk dikaryakan kembali. 

Interior

Interior agak menjauh dari konsep orisinal, dan lebih berpihak pada faktor kenyamanan. Kehadiran sepasang jok dan konsol tengah ini jelas menodai keaslian, begitu pun dengan lingkar kemudinya yang dicomot dari Land Cruiser 40 series tahun 1980-an. 

Eksterior

Detail orisinal pada bagian eksterior dipertahankan. Lampu sein, lampu belakang, lampu mata kucing dan lain sebagainya, semuanya identik dengan tahun pembuatan kendaraan. 

Pelek

Agar nampak lebih garang dan gagah, maka pelek Land Cruiser FJ45 dengan lingkar 16 inci pun dipilih, dan dikolaborasikan dengan ban Good Year Extra Grip 750 x 16. 

                       

Spesifikasi Land Cruiser 1969

Sasis                  : OEM FJ40

Bodi                   : OEM FJ40Q

Atap                  : Kanvas

Mesin                : Toyota 1F 6 silinder inline 3.8 liter OHV

Transmisi          : 3 speed manual OEM FJ40

Transfercase     : 2 speed part-time OEM FJ40

Gardan              : solid axle depan / belakang OEM FJ40

Final gir             : 3.7 : 1

Pelek                : OEM Land Cruiser FJ45

Ban                   : Good Year Extra Grip 750xR16

Per                    : OEM FJ40

Bengkel             : Bungur Auto

                           Jl. Bungur no 35 Sukajadi Bandung

                           081220200503

Penulis : Suryo Sudjatmiko

Foto : Bimo S Soeryadi

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Utilitas | Tips Off-road
Utilitas | Tips Off-road
JIP TWITTER FEED
Review Produk