KANAL 4News

JIP - Dia bagaikan Ratu Elizabeth dari Inggris yang memancarkan keanggunannya, tapi disisi lain seperti Raja Leonidas dari Sparta yang terkenal dengan kekuatannya dalam bertarung, itulah gambaran dari sosok Bentley Bentayga. Kendaraan mewah asal Inggris ini memiliki desain yang elegan dan mewah bagaikan seorang Ratu, namun memiliki mesin bertenaga besar ibarat seorang Raja petarung.

Kendaraan asal Inggris ini memang terkenal dengan line up produksi sedan mewahnya. Sejak tahun 1921, Bentley selalu memproduksi kendaraan sedan dengan mesin-mesin canggih dimasanya. Pada tahun 2012 lalu, Bentley EXP-9F diperkenalkan sebagai kendaraan SUV konsep pertamanya di Crewe, Inggris. Namun project SUV mewah ini pun tidak pernah terdengar lagi kelanjutannya.

Akhirnya kabar baik pun terdengar lagi, Bentley akhirnya mengumumkan line up terbarunya di kelas SUV. Bentley Bentayga akan hadir di awal tahun 2016, sebagai SUV mewah dengan desain bodi tidak berbeda jauh dari Bentley EXP-9F. Namun Bentayga mengalami penyempurnaan sosoknya agar lebih kental dengan wajah Bentley terbaru, yaitu Continental GT.

Tidak cuma sosoknya saja yang mirip dengan Continental GT, ternyata mesinnya pun sejenis. Bentayga juga menggunakan mesin Twin-Turbo berkapasitas 6000 cc dengan konfigurasi W12. Mesin produksi VolksWagen Group ini mengasilkan tenaga 600 HP, setara dengan Continental GT. Namun torsi mengalami lonjakan jauh hingga 900 Nm, sedangkan torsi terbesar Continental GT hanya 800 Nm.

Dengan tenaga sebesar ini, Bentayga dapat melaju hingga 100 km/jam dalam waktu 4 detik, dan tidak merasa terbebani bobot 2.2 ton-nya. Dengan suspensi teknologi dari Porsche, SUV berbadan bongsor ini tetap tenang saat melaju dikecepatan maksimum 274 km/jam.

Mesin bertenaga ini digandengkan dengan transmisi 8 speed otomatis. Menggerakan sistem penggerak all-wheel drive. Dengan pembagian persentase 40% roda depan dan 60% roda belakang, untuk menjaga manuver Bentayga tetap yahud saat melaju di jalan aspal. Dan tersedia juga empat pilihan drive mode untuk memudahkan pengendara, yaitu Comfort, Bentley, Sport, dan Custom.

Sebagai kendaraan yang terlihat mahal, Bentayga tidak takut bila harus menginjak lumpur. Lahir sebagai SUV tentu harus punya kapabilitas untuk off-road. Program berkendara off-road pun disematkan, dengan empat mode pilihan, yaitu Snow/Wet Grass, Gravel, Mud/Ruts, dan Sand/Desert.

Bentayga tidak dilengkapi dengan transmisi Low-Range. Karena dengan torsi yang sangat berlimpah, tidak akan menemui kendala saat harus merayap di trek off-road. Walaupun bobotnya sudah 2 ton lebih.

Lalu kita harus bayar berapa untuk semua kemewahan dan tenaga besar yang ada ini? Mungkin ini saatnya anda menabung uang sebanyak $200.000 atau sekisar Rp. 2.3 miliar. Tapi itu harga untuk di Inggris loh…

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
REVIEW PRODUK | WINCH WINCHESTER
REVIEW PRODUK | WINCH WINCHESTER
JIP TWITTER FEED
Review Produk