KANAL 4Test

JIP - Tahun 1996, adalah awal dimana nama Pajero Sport lahir. Sebenarnya di generasi pertamanya muncul dengan nama Mitsubishi Challenger di Jepang. Dan nama Pajero Sport sendiri terkenal untuk pasar jual di Eropa, sama seperti di Indonesia.

Cikal bakal dari Pajero Sport ini lahir dengan basis dari Mitsubishi Strada. Juga dikombinasikan dengan wheelbase dari Mitsubishi Pajero generasi kedua, namun Pajero Sport hadir dengan bodi yang sedikit lebih kecil.

Mengambil basis pada Strada yang terlahir sebagai pikap, tidak heran kalau awalnya Pajero Sport menggunakan per daun pada suspensi belakangnya. Pada tahun 2000 Pajero Sport baru mengalami perubahan menggunakan coil spring di bagian belakangnya. Ini demi kenyamanan dalam sebuah SUV.

Tidak seperti generasi pertama yang sebelumnya lahir di Nagoya, Jepang. Generasi kedua dari Pajero Sport mulai banyak dikenal, dan nama Pajero Sport lebih dominan ketimbang Challenger. Di Indonesia, Pajero Sport mulai dikenal pada tahun 2009.

Lewat bentuk desain yang sporty, Pajero Sport generasi kedua pun berhasil mencuri perhatian konsumen di Tanah Air. Tidak hanya itu, bahkan beberapa ajang prestasi di kancah Nasional pun sudah diraih. Mitsubishi Pajero Sport berhasil membawa Rifat Sungkar menjadi juara nasional di kejuaraan seri speed off-road 2013.

Dan di awal tahun 2016 sebagai kelahiran dari generasi ketiga Pajero Sport. Pada edisi sebelumnya, JIP sempat diajak untuk melihat langsung sosok Mitsubishi All-New Pajero Sport, sebelum diresmikan oleh PT. Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) kepada khalayak. Akhirnya, pada 29 Januari 2015, All-New Pajero Sport pun resmi diluncurkan.

Sebelumnya sudah dibahas tentang desain dinamis dari All-New Pajero Sport, yang menampilkan sisi stylish dan modern. Kini Pajero Sport sedikit meninggalkan kesan bodi menggembung, bentuknya sekarang memperkuat kesan tangguh dan tegas. Sesuai dengan usungan tema yang diberikan, yaitu ‘A Vision to Explore’.

Mitsubishi All-New Pajero Sport akan hadir dalam empat jenis varian yang berbeda. Mulai varian tertingginya adalah All-New Pajero Sport Dakar 4x4, Dakar 4x2, Exceed 4x2, dan terakhir GLX 4x4. Melihat empat line-up varian yang ada, tentunya JIP tertarik untuk mengulik tipe Dakar 4x4, sebagai top-level dari All-New Pajero Sport.

“Lebih dari 30 tahun sejak kehadiran Pajero, Mitsubishi Motor telah tumbuh mengembangkan kendaraan yang mampu menjelajah berbagai medan jalan di seluruh dunia,” ucap Tetsuro Aikawa selaku Presiden & COO Mitsubishi Motors Corp (MMC). Tidak seperti generasi sebelumnya, yang mengembangkan basis dari All-New Triton. Generasi ketiga dari keturunan Pajero Sport sekarang banyak mengalami perubahan secara teknis dan penyematan fitur canggih.

Tentunya ini membuat JIP penasaran sejauh apa perubahan teknis yang sudah dilakukan Mitsubishi terhadap generasi terbaru Pajero Sport. Beruntung saat peresmiannya, hadir Koichi Namiki sabagai Corporate General Manager di Mitsubishi Motors Corp. Dalam peresmian, Koichi adalah orang yang diandalkan dalam urusan teknis di All-New Pajero Sport.

Sebagai sebuah kendaraan SUV keluarga yang mempunyai kapabilitas di medan off-road, banyak improvement yang dilakukan. Mulai sumber tenaga, transmisi, suspensi, teknologi untuk off-road, dan tentu saja kesenyapan kabin.

Pada sumber tenaga, tipe Dakar 4x4 ini menggunakan mesin diesel baru, berkode 4N15. Mesin 2.400 cc yang mengadopsi sistem DOHC Mivec ini, menghasilkan tenaga lebih besar dari generasi sebelumnya. Yaitu 181 hp pada 3500 rpm, dan torsi mencapai 430 Nm pada 2500 rpm.

Walaupun tenaga lebih besar dari mesin sebelumnya, Mitsubishi klaim mesin ini lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar. Koichi Namiki menjelaskan kalau kompresi mesin diturunkan, dan sistem Mivec bekerja secara elektronik mengatur kerja klep, sehingga lebih efisien dalam penggunaan bahan bakar. Namun untuk mendapatkan tenaga lebih besar, boost dari Variable Geometry Turbo (VGT) ditingkatkan, ini dapat dilakukan berkat kompresi mesin yang rendah tadi. Material mesin pun sudah menggunakan bahan alumunium, sehingga lebih ringan 30 kilogram.

Mesin yang sudah optimal tadi pun disandingkan dengan sebuah transmisi baru. Ini adalah transmisi otomatis 8 speed pertama yang digunakan oleh Mitsubishi, dan disematkan pertama kali pada All-New Pajero Sport. Transmisi ini punya rasio gigi yang sudah mendekati sempurna.

“Rasio gigi yang ditanamkan pada transmisi ini sangat optimal untuk digunakan di aspal dan jalur off-road,” ucap Koichi. Tercatat rasio gigi satu pada transmisi ini adalah 4.845, lebih besar dari transmisi manualnya yang hanya memiliki rasio 4.313 pada gigi satunya. Sedangkan untuk cruising di kecepatan tinggi, rasio giginya sangat kecil, yaitu 0.672. Berkat rasio gigi yang kecil, anda dapat melaju di kecepatan 100 kilometer per jam cukup dengan putaran mesin 1.600 rpm!

Transmisi canggih ini juga menggandeng transfercase Super Select 4WD II, sistem transfercase yang mirip dengan generasi sebelumnya. All-New Pajero Sport Dakar 4x4 dapat bergerak dengan sistem penggerak all-wheel drive saat pemakaian harian. Namun bisa juga berfungsi seperti four-wheel drive pada umumnya. Dengan memindahkan transfer knob dial pada tulisan 4H-Lc atau 4L-Lc.

All-New Pajero Sport Dakar 4x4 juga mempunyai crawling ratio yang cukup dasyat. Kalau generasi sebelumnya punya crawling ratio pada transfercase hanya direduksi jadi 1.9 pada penggunaan low gear, kini Mitsubishi menaikkan crawling ratio sebanyak 20%. Sekarang perbandingan saat anda menggunakan low gear adalah 2.5.

Tentu, tidak sampai di situ saja Mitsubishi menciptakan kendaraan segala medan. Pengembangan ini pun membuahkan hasil sebuah teknologi canggih. Untuk pertama kali fitur off-road mode ditanamkan MMC pada All-New Pajero Sport.

Off-road mode ini memiliki empat jenis Terrain Management System, yaitu Gravel, Mud/Snow, Sand, dan Rock. Berkat sistem ini, pengemudi yang tidak biasa pun akan mudah melintasi jalur off-road. Tinggal pilih mode sesuai dengan kondisi jalur off-road yang sedang dilalui. Sistem ini akan bekerja membantu anda melewati medan off-road, sesuai dengan cara berkendara di jenis jalan tersebut.

Jalur off-road pasti sangat akrab dengan genangan air. Kini SUV dengan desain dinamis ini juga improvisasi saat melintasi genangan air. Kalau generasi sebelumnya anda cukup masalah soal water screen saat menerjang kubangan air. Sekarang tidak usah khawatir, karena air yang anda terjang ekarang tidak akan naik ke kaca depan.

Begitu juga dengan batas kedalaman genangan air yang bisa dilalui. Kini anda bisa menghilangkan sedikit rasa khawatir soal banjir di Ibu Kota. Karena All-New Pajero Sport dapat mengarungi genangan air sedalam 70 centimeter.

Sebagai sebuah SUV keluarga, All-New Pajero Sport pun disempurnakan suspensinya. “Kami buat kendaraan ini senyaman mungkin, walaupun harus mengangkut penumpang tujuh orang di dalammnya,” ucap Koichi. Walaupun secara konstruksi tidak berbeda dari generasi sebelumnya, namun bantingannya sekarang terasa jauh lebih lembut.

Melihat pengembangan yang signifikan, tidak heran kalau All-New Pajero Sport disebut juga sebagai kendaraan yang stylish and comfortable off-road SUV. Dan jadi kendaraan yang ideal untuk mengajak keluarga anda berpetualang.

 

Spesifikasi Teknis

Mesin : Diesel 4N15 Turbo Commonrail

Kapasitas : 2442 cc, DOHC MIVEC

Tenaga : 181 Hp @3500 rpm

Torsi : 430 Nm @2500 rpm

Gearbox : Otomatis 8 Speed/G-Sensor

Rem : Discbrakes (Depan & Belakang)

Dimensi : 4785 x 1815 x 1805

Velg : Alloy 18”

Ban : 265x60xR18


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
JIP TWITTER FEED
Review Produk