KANAL 4Modifikasi

JIPTerjebak dalam kubangan lumpur dan dengan bergotong royong mengeluarkan kendaraannya dari handikap, rupanya menorehkan pengalaman yang tidak pernah dilupakan oleh dr Nurcholis Hendry Nugraha, SpAn. Alumni Universitas Padjajaran ini justru merasakan petualangan di akhir minggu itu hasrat terpendamnya akan dunia off-road. “Saya sungguh menikmati situasi sulit itu. Saya rasakan adanya harmoni keseimbangan untuk keluar dari permasalahan dengan aman dan selamat,” tutur ahli anestesi ini.

Kejadian belasan tahun silam itu, sepertinya telah menjadi bagian dari dirinya. Sehingga iapun memutuskan untuk memiliki sebuah kendaraan off-road untuk sekadar melepas kepenatan dari rutinitas. Dari situlah petualangannya di dunia off-road dimulai. “Tahun 2003 saya pernah ikut andil dalam ajang Java Challange dan saya merasa bahwa off-road adventure benar-benar menyatu dengan diri saya,” lanjut bapak satu anak ini.

Berdasarkan pengamatan dan pengalaman yang berhasil ia kumpulkan, maka dalam rangka mengikuti gelaran event Indonesian Off-road Xpedition (IOX) 2016, maka pria yang akrab disapa Nolly inipun secara khusus menyiapkan satu unit Mitsubishi Pajero Sport gres dari showroom. “Saya pilih kendaraan yang benar-benar dari gres, supaya dalam developmentnya bisa saya pantau dari titik nol,” papar Nolly. ‘Dengan demikian, saya dapat merasakan tingkatan-tingkatan modifikasi yang telah dilakukan,” lanjutnya.

Dalam melakukan modifikasi, Nolly tidak lantas menenyerahkan tunggangannya pada bengkel-bengkel di pulau Jawa, namun ia menyerahkannya pada bengkel yang ada di sekitar tempat tinggalnya di Bengkulu. “Sebuah idealisme bahwasanya putra daerah pun bisa membuat kendaraan modifikasi  seperti ini,” kekehnya. “Boleh dikatakan bahwa Pajero ini merupakan wahana belajar putra daerah,” tutup dengan nada bangga.

Mesin           

Mesin turbo diesel berkode 4D56 sama sekali tidak diotak-atik. Mesin dengan semburan performa 134hp @ putaran mesin 4000 rpm  dan torsi 324N.m @2000 rpm ini dirasa lebih dari cukup untuk menopang kebutuhan SUV lansiran tahun 2015 ini. Beberapa penambahan seperti snorkel menjadi perangkat wajib untuk menghadapi kondisi terburuk saat menyeberang daerah berair dalam.

Baris ketiga tempat duduk beralih fungsi menjadi tempat penyimpanan. Di sinilah strategi penataan barang dimulai. Perlengkapan masak, perbekalan dan pakaian bersih ditempatkan di dalam kabin sebelah atas, sedangkan bagian bawah menjadi tempat sparepart dengan bobot berat ditempatkan di bagian bawah. 

Tire hanger yang terintegrasi dengan rollcage tidak hanya digunakan untuk menempatkan ban serep semata, namun juga dijadikan tempat bertenggernya jerrycan dan juga trashbag. Tak ketinggalan pula sebuah farmer jack nampak bertengger di tempat tersebut. 

Girboks

Girboks 5 percepatan manual dan tranfesrcase 2 percepatan part-time bawaan kendaraan sama  sekali tidak tersentuh modifikasi. Walaupun rasionya low range  tidak termasuk dalam kategori ‘low’ namun dirasa cukup. Kekurangan yang ada dapat ditutupi dengan pemasangan piranti lainnya termasuk winch elektrik di bagian depan dan belakang. 

Perangkat komunikasi seperti radio komunikasi, GPS ataupun handphone tersedia di dalam kabin begitupun dengan perangkat chargingnya yang tak hanya dihidangkan pada penumpang di bagian depan, namun juga belakang. 

Sepasang winch elektrik dipersenjatakan pada bagian depan dan belakang. Warn M8274 ditempatkan pada bagian depan dan Warn M8000 di bagian belakang. 

Kenyamanan menjadi faktor yang diutamakan, oleh karenanya bagian interior tidak banyak mengalami perubahan. Sebuah alat pemadam kebakaran ditempatkan di bagian penumpang belakang. Kehadirannya lumayan menyita ruang, namun tidak banyak mengurangi kenyamanan.

Bumper, rollcage dan sidebar, kesemuanya merupakan hasil karya modifikator lokal Bengkulu. Perilahal yang unik adalah dual fungsi bumper depan yang juga difungsikan sebagai bertenggernya kamera Go Pro. 

Suspensi liftkit bikinan Ironman dipasangkan untuk membuat SUV ini lebih tinggi 2.5 inci dari spesifikasi aslinya. Sementara untuk sokbreker dan pernya menggunakan produk Old Man Emu. Sementara untuk melindungi mesin dari barang tajam dan hempasan batu, sebuah rock slider dipasangkan di bawah ruang mesin. 

Spesifikasi

Sasis : OEM Pajero Sport

Kabin  : OEM Pajero Sport

Mesin : 4D56-T , 2.5 liter  silinder inline 16 valve DOHC diesel turbo intercooler

Transmisi  : 5 speed manual Pajero Sport

Tranfercase : 2 speed part-time OEM Pajero Sport

Gardan : OEM Pajero Sport

Locker : LSD (belakang)

Ban : Simex Extreme Trekker 32 x 9.5 R16

Pelek : American Racing Wheel  7 x 16 beadlock

Suspensi liftkit : Iron Man

Per : Old Man Emu

Sokbreker : Old man Emu (depan/belakang)

Winch  : Warn M8274

Bengkel  : Buyung Ajo Jl.Unib Permai 4D no 49 RT 15 RW 04 Kel Bentiring Permai Muara Bangka                               hulu Bengkulu Telp: 081 290 740 756

 

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
JIP TWITTER FEED
Review Produk