KANAL 4News

JIP - Buat yang hobi mengemudi, umumnya punya angan untuk keliling dunia dengan mobil. Inilah yang dilakukan Santosa Djaja Ruslie sejak 2014 lalu hingga saat ini, melakukan perjalanan melintasi berbagai macam Negara. Tapi misinya bukan hanya road travel antar negara saja, “Saya mau keliling Dunia pakai kendaraan dengan pelat nomer dari Indonesia,” ucapnya.

Sebagai seorang kolektor kendaraan tua, Sunny memang seseorang yang hobi menikmati kendaraan saat perjalanan jauh. Bahkan sejauh ini, ia selalu mengemudi sendiri dalam menjalankan aktifitas sehari-harinya. Dan ia lebih sering menggunakan kendaraan tua, yang notabene tidak senyaman kendaraan baru, saat dipakai harian. Tentunya setiap ada kesempatan turing luar kota, Sunny selalu berpartisipasi.

Tidak heran kalau Sunny punya cita-cita keliling dunia menggunakan mobil. Namun, perjalanan lintas negara seperti ini butuh persiapan yang panjang. Selain dana, waktu adalah hal yang paling utama dalam perjalanan seperti ini.

“Setelah pensiun dan punya banyak waktu, akhirnya cita-cita saya mulai terwujud. Pada bulan April tahun 2014 lalu, pertama saya kirim kendaraan yang akan saya pakai keluar dari Indonesia. Kebetulan ada rekan yang punya visi dan misi sama, jadi dua mobil dengan pelat nomer Indonesia waktu itu dikirim keluar,” jelas Sunny.

Untuk dipakai keliling menempuh jarak hingga ribuan kilometer dan berbulan-bulan, Sunny pun pilih kendaraan yang ‘badak’ dan gampang diperbaiki di setiap negara. “Setelah cari referensi yang cukup banyak, mobil yang paling pas adalah Toyota Land Cruiser VX80. Karena mobilnya terkenal kuat, dan hampir di setiap negara populasinya cukup banyak, jadi gak pusing kalau sampai ada masalah saat perjalanan,” jelasnya.

Walaupun banyak koleksi kendaraan aneh di garasinya, ketika itu Sunny belum ada Toyota VX80 yang akan menemaninya keliling. Ternyata berburu calon tunggangannya tidak terlalu sulit. Kebetulan, tetangga di kompleks perumahannya ada yang mau jual VX80. “Pas disamperin, kondisinya masih segar banget, masih orisinal dan mulus,” jelas pria yang juga memelihara FJ40 lawas mulus ini.

Setelah tiga minggu ada di kediaman Sunny, VX80 ini pun langsung diterbangkan ke Malaysia. Untuk memulai perjalanan bersama dengan rekannya. Dari Tanjung Priok, dua mobil pun dikirim dalam container. “Mobil saya waktu itu masih dalam kondisi standar, belum ada ubahan sama sekali untuk persiapan jalan jauh,” jelas Sunny.

Begitu tunggangannya tiba di Malaysia, langsung mampir ke auto workshop terdekat, untuk upgrade agar siap perjalanan jauh. Sunny pun mempersiapkan tunggangannya agar bisa menempuh jarak diatas 1000 kilometer sekali tempuh. Badan asli VX 80 pun sedikit berubah dengan beberapa aksesori off-road.

Perjalanan pun dimulai, “Sebagai rute pertama, dari Malaysia saya bergerak menuju Thailand,” ucapnya. Dan akhirnya perjalanan terus bergerak ke Laos hingga Kamboja. Butuh waktu hingga tiga minggu dan menempuh jarak hingga 3000 kilometer lebih untuk sampai ke Kamboja, tentu sambil mengunjungi spot-spot wisata favorit setiap negara itu.

Setelah dari Kamboja, Sunny pun melanjutkan perjalanan mengarah ke Utara. Rute kali ini lebih jauh dan memakan waktu hingga 5 minggu. Setelah total perjalanan hingga dua bulan, akhirnya Sunny mendarat di dataran Cina.

Dari sinilah Sunny semakin terpicu untuk menjelajah lebih jauh. “Rasanya harus membulatkan tekad untuk keliling dunia pakai kendaraan, dan harus kendaraan dengan pelat nomer Indonesia,” ucapnya.

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Utilitas | Tips Off-road
Utilitas | Tips Off-road
JIP TWITTER FEED
Review Produk