KANAL 4News

JIP - Moab Easter Jeep Safari sudah jadi gelaran yang selalu ditunggu penggemar 4x4 di Amerika setiap tahunnya. Bahkan ini seakan jadi tradisi sejak 50 tahun silam, setiap menyambut libur Paskah. Dan ribuan pecinta off-road akan berkumpul di pedalaman Moab, Utah Timur, Amerika Barat.

Pengendara 4x4 yang datang pun tersebar dari beberapa bagian kota dan negara bagian di Amerika. Bahkan ada beberapa peserta yang datang sejak sembilan hari sebelumnya, dan tidak sedikit yang sudah berkemah di daerah sekitar Moab, menunggu rekan dan rombongan kendaraan 4x4 datang.

Eksotisme alam indah berpadu dengan medan yang menantang pun sudah menanti peserta Moab Easter Jeep Safari setiap tahunnya. Trek bebatuan atau yang terkenal dengan Slickrock Trail akan memberi tantangan tersendiri para off-roader. Pemandangan hamparan gurun dan bebatuan raksasa disuguhkan dalam rute off-road.

Melihat penggemar fanatik Jeep yang berpastisipasi dalam Moab Easter Jeep Safari sangat besar, maka momen ini pun selalu dijadikan kesempatan oleh Jeep dan Mopar untuk menampilkan konsep-konsep modifikasi, yang sudah jadi tradisi sejak 2002 lalu. Dalam rangka memperingati 75 tahun umur Jeep, kali ini ada 7 konsep modifikasi yang akan meramaikan jalannya Moab Easter Jeep Safari. Yuk kita simak apa saja line-up Jeep Easter Concept 2016 ini…

 

FC 150

Empat tahun lalu Jeep sudah pernah menampilkan FC 150 dalam jajaran Jeep Easter Concept 2012. Saat itu basis Jeep FC ini dimodifikasi dengan kombinasi body part Wrangler JK. Jeep FC adalah truk pekerja buatan Jeep di era tahun 1960, dengan basis kendaraan truk Forward Control dan mengambil konstruksi sasis pertama kali dari Jeep CJ-5.

Tahun ini Jeep FC kembali muncul, namun tidak seperti sebelumnya, yang tampil secara fisik lebih remaja. Kali ini Mopar dan Jeep lebih mempertahankan sisi heritage dari Jeep FC 150. Dengan bodi original yang sudah meninggalkan bekas baret dan penyok sepeninggalan masa aktifnya dulu.

Walaupun visual FC 150 ini dipertahankan dalam kondisi aslinya, tapi performanya sudah tidak loyo lagi. Mopar mengubah konstruksi FC 150 dari sasis CJ-5 menggunakan sasis Wrangler JK, yang sudah disesuaikan dimensi dengan sasis aslinya.

Sasis Wrangler yang diaplikasikan ini bertujuan untuk menopang dudukan gardan Dana 44 bagian depan, dan Dana 60 bagian belakang. Kaki FC 150 ditunjang juga dengan ban BF-Goodrich KM2 33 inci. Sehingga walaupun sosoknya sudah uzur, FC 150 ini tetap tangguh merayap melewati trek batu di Moab.

Memperbaiki sektor performanya, tentu sudah tidak mengandalkan mesin 2.2 Liter Hurricane bawaan FC 150. Gantinya mesin 4.0 Liter PowerTech enam silinder in-line, mesin yang sama persis digunakan pada Grand Cherokee. Tenaga pun disalurkan via transmisi otomatis tiga speed.

 

Short-Cut

Tampilan Jeep Wrangler JK short wheel-base ini justru kembali ke masa tahun 1950. Dimana si badan pendek Jeep CJ-5 mulai muncul, dengan benang merah desain yang bertahan hingga tahun 1986m saat CJ-7 terakhir diproduksi. Demi mengangkat kembali jiwa CJ ini, desain Wrangler JK pun dipadukan dengan benang merah desain CJ-5.

Sesuai judulnya, Jeep Short-Cut. Wrangler JK yang mempunyai dimensi lebih panjang pun dipotong sebanyak 12 inci, menyesuaikan body tub CJ-5 yang pendek. Bentuk body tub samping dibuat mirip seperti CJ-5, dengan pintu seperti kuda lumping.

Setelah mengubah bentuk body, bagian part body lain pun banyak yang tampilannya dituakan seperti puluhan tahun silam. Seperti bagian grille, hidung kap mesin, pintu belakang, fender, rollbar, dan bumper klasik. Agar suasana classic juga terasa di interior, jok menggunakan jenis low-back berbalut bahan kain dengan model plaid.

Agar si Shortcut semakin lincah di trek Moab, kaki-kaki menggunakan gardan Dana 44 dengan suspensi lift-kit 2 inci keluaran Fox. Bersanding dengan ban BF-Goodrich KM2 35 inci membalut pelek 17 inci model classic berkelir merah. Sedangkan untuk mesin 3.6 Liter Pentastar dicolek performanya lewat custom exhaust.

 

Crew Chief 715

Masih dalam atmosfir mengenang kejayaan Jeep di masa lampau. Sosok yang satu ini sebagai penghormatan untuk kendaraan legendaris militer Kaiser M715. Pada masa aktifnya di militer, M715 ini bertugas mengantarkan pasukan darat melewati medan trek yang berat. Untuk mengingatkan masa kejayaannya, Crew Chief 715 pun tampil dengan desain kekar dan bergaya, namun tetap memiliki garis turunan militer.

Kalau di versi militer M715 hadir dalam kendaraan pikap single cabin, tapi di Jeep Easter Concept hadir dengan tipe double cabin. Ini karena basis sebenarnya adalah Wrangler JK Unlimited empat pintu open air.

Untuk meneruskan warisan M715, muka dan bagian pintu belakang mengambil desain dari M715. Bak custom sepanjang 5 kaki pun dirancang dengan tema militer, dan mengambil warna “Tactical Green” serta menggunakan atap kanvas untuk mengentalkan aura militer. Tambahan aksesori off-road pun banyak mengambil peran dalam hal penampilan, seperti winch di depan dan belakang, juga bumper dan side-guard.

Ban NDT Military ukuran 40 inci pun disematkan pada duplikat M715 ini. Ini adalah ban yang sama seperti versi asli dari M715 saat masih aktif dipakai militer. Pelek beadlock ukuran 20 inci pun turut mendongkrak penampilan Crew Chief 715. Melihat diameter ban yang besar, Mopar pun memperbaiki sistem pengeremannya.

Sebagai sosok kendaraan militer, tentu harus ditunjang juga dengan durabilitas dan performa yang baik. Untuk itu Jeep dan Mopar memasangkan gardan depan dan belakang dengan Dana 60. Dan suspensi lift-kit 4 inci dari Mopar juga shockbreaker Fox 2.0 Remote Reservoir.

Melongok ke dalam interior, tema pada Crew Chief 715 terinspirasi pada interior air-craft, seperti yang diaplikasikan pada switch dan penunjuk arah kompas. Jok kulit model bucket membuat tongkrongan sisi interior makin mantap.

 

Comanche

Ini adalah si mungil Jeep Renegade, dan rupanya ini jadi tantangan tersendiri buat Jeep untuk mengubahnya jadi sosok Comanche. Comanche sebenarnya memang lebih dikenal sebagai kendaraan off-road dengan bak pikap yang memuat banyak barang. Sedangkan Renegade adalah Crossover SUV Compact dengan badan kecil.

Untuk mengubahnya jadi sosok Comanche atau gampangnya disebut pikap, Jeep harus menambahkan struktur sasis sebanyak 6 inci, dan meletakkan bak ala Comanche sepanjang 5 kaki di atas sasis tersebut. Bodi bagian belakang serta atap Renegade dipotong, untuk digantikan atap kanvas dan bak Comanche.

Karena konsep Comanche yang diberi tema “Beige Againts the Machine”, warna krem dan gaya militer jadi pilihan untuk modifikasi Renegade ini. Eskteriornya pun ditunjang juga dengan winch, bumper belakang besi, pelek besi Wrangler, ban cadangan di bak, dan beberapa kotak perkakas.

Yang unik lagi adalah pilihan sumber tenaga si Comanche mungil ini. Kalau diperhatikan pada pintu bak belakang, ada cat hitam tulisan ‘Diesel’. Karena Renegade Comanche ini menggunakan mesin diesel 2.0 Liter MultiJet2 bikinan Fiat.

Tidak lupa Jeep turut memasangkan performance part khusus medan berbatu. Dengan suspensi lift-kit 2 inci, dan gardan belakang yang sudah diisi oleh Locker Differential. Transmisi low range pun sudah dilengkapi dengan sistem Jeep Active Drive Lock.

 

Trailstorm

Konsepnya sebagai Wrangler JK yang handal untuk explorasi daerah medan berat. Untuk itu Trailstorm lebih konsen dalam kapabilitas off-road. Untuk itu part Jeep Performance pada link suspensi, dengan lift-kit sebanyak 2 inci. Shockbreaker dari Fox mengambil peran untuk meredam guncangan selama perjalanan.

Dilengkapi juga dengan ruang ekstra untuk meletakan tool kit di bagian belakang, dan tangki cadangan untuk persiapan jalan jauh. Untuk melewati berbagai obstacle batu di Moab, ruang fender pun diperbesar. Menggunakan fender jenis high-top, agar gerak travel suspensi makin leluasa.

Dan tampilan Trailstorm ini sengaja dilabur warna kamuflase seperti kondisi alam di Moab. Dengan perpaduan kanvas model fast-back warna hitam. Aksesori off-road Jeep Performance mengambil peran di bagian bumper, side-guard, dan tire carrier.

Tidak ada yang spesial pada mesin, cukup menggunakan mesin kapasitas 3.6 liter Pentastar V6 dan transmisi otomatis 5 speed, seperti Wrangler JK Unlimited pada umumnya.

 

Trailcat 

Nah kalau ini yang paling diagungkan pada konsep Jeep Easter tahun ini. Yup, ini adalah Wrangler JK yang punya tenaga bengis di balik kap mesinnya. Bertenaga 707 horsepower yang siap melesatkan dan meninggalkan debu tebal di belakang JK berbadan short ini.

Tenaga besar pada Trailcat berasal dari mesin delapan silinder. Ini adalah mesin 6.2 Liter HEMI Hellcat V8, yang sudah mendapat doping supercharger. Menghasilkan torsi 880 Nm, dan tetap bengis walau harus memutarkan roda berdiameter besar. Agar mendapatkan sensasi lebih klimaks saat mengemudikan Trailcat, transmisi manual 6 speed pun disematkan pada bagian drivetrain.

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Utilitas | Tips Off-road
Utilitas | Tips Off-road
JIP TWITTER FEED
Review Produk