KANAL 4Review Product

JIPBeban yang dimuatkan ke dalam kendaraan mempengaruhi kinerja suspensi. Mobil 4x4 yang dipakai off-road jarak jauh, biasanya mengusung bobot jauh dari kapasitas suspensi standarnya. Tanpa koreksi khusus atau modifikasi, maka suspensi yang berada di bagian yang terkena beban akan tertekan terlalu jauh, dan membuat kendaraan terlihat aneh. Beban di belakang, membuat 4x4 seolah mendongak, dan ketinggian suspensinya tak lagi sama. Ini juga akan menyebabkan handling menjadi lebih liar dan sulit dikuasai.

Biasanya, solusi paling umum dan simpel adalah mengganti per dengan yang lebih keras, atau menambah lembar per untuk sistem per daun. Namun cara ini ada kelemahannya. Jika kendaraan dalam kondisi kosong atau dipakai harian tanpa beban tambahan, maka bantingan suspensinya akan menjadi sangat keras. Tentu bukan suatu hal yang ideal.

Solusi terkini adalah memasang alat yang mampu menjaga leveling (posisi) suspensi sesuai kebutuhan. Sesuatu yang sifatnya adjustable, menyesuaikan beban kendaraan. Dan kini peran tersebut hadir dalam bentuk kantong udara alias air bag.

“Airbag Man merupakan jawaban untuk masalah tersebut,” tutur Arief dari Banteng Mas Accesories. “Sistem kerja peranti ini menggunakan tekanan angin dari pompa khusus. Bantal terhubung secara pararel pada pompa, sehingga memiliki tekanan dan tingkat kekerasan yang sama satu dengan lainnya,” sambung Arief. “Tingkat kekerasan disesuaikan dengan kebutuhan yang ada. Semakin berat beban yang ditanggung, semakin keras dan besar tekanan udara yang dipompa ke unit kantong tersebut,” papar Arief. “Kemampuan maksimal angkatnya disesuaikan dengan kemampuan load dari kendaraan, dan tekanan pada balon akan ditahan oleh pompa selama dibutuhkan,” lanjutnya. “Dengan demikian posisi kendaraan tetap tegak seperti saat tidak ada muatan,” imbuhnya.

Sedangkan saat tidak dibutuhkan, udara pada kantong dikeluarkan. Dengan demikian, per kembali pada spring rate orisinal bawaannya. “Dalam kondisi kosong (off), alat ini tetap mempengaruhi spring rate suspensi, namun angkanya kecil, sehingga tidak banyak mempengaruhi handling ketika kendaraan tanpa muatan.     

“Produk ini tersedia untuk hampir semua jenis SUV, baik yang menggunakan sistem suspensi per daun maupun per keong,” lanjutnya. “Unit balon ini ditempatkan pada unit per. Pada per daun diletakkan di antara sasis dan per daun, sedangkan untuk per keong biasa ditempatkan di dalam gulungan per keong,” sambung pria ramah ini. “Pemasangannya relatif gampang, tidak membutuhkan waktu lama dan bisa ditebus dengan angka Rp.5,2 jutaan,” tutupnya.

 

Banteng Mas Accesories
MGK Mall Kemayoran 8th Floor Zone B no 3 Jakarta Pusat Indonesia 10610 
+62 856 1086 506
+62 815 800 6905
+62 21 92509736
+62 21 29371145

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
REVIEW PRODUK | WINCH WINCHESTER
REVIEW PRODUK | WINCH WINCHESTER
JIP TWITTER FEED
Review Produk