KANAL 4Modifikasi

JIPMelalui ungkapan ‘apalah arti sebuah nama’ Sir William Shakespeare mungkin  menganggap bahwa nama tidaklah begitu penting. Namun kesamaan nama dan hobi jelas merupakan sesuatu kebetulan yang langka. Di tambah lagi persahabatan di antara mereka, jelas kian menambah keunikan.  Adalah Bambang Wijaya Kusuma alias Bembeng Takengon dan Bambang Tuslan A.K.A Bembeng Kisaran, menjadi contoh langka yang dapat kita temui.

“Tidak ada janjian loh kalo kami sama-sama memiliki panggilan akrab Bembeng,” jelas  Bembeng Takengon.  “Untuk membedakan teman-teman kami menambahkan nama Takengon dan Kisaran, yang tak lain tempat domisili di belakang nama kami,” jelas Bembeng Kisaran. “Kita menjadi sangat akrab karena sama-sama menyukai jip dan off-road,” lanjutnya. “Kita pun bersinergi tak hanya saat melakukan modifikasi kendaraan , namun kami bersinergi di medan off-road sebagai driver dan navigator,” lanjut Bembeng Takengon.

Dalam bentuk karya modifikasi keduanya berhasil mengubah Suzuki Jimny SJ410 menjadi tunggangan off-road yang cukup disegani di dataran Gayo, Aceh Tengah. “Masing-masing dari kami memiliki referensi untuk membangun Jimny tersebut. Dan walau pun awalnya terdapat beberapa perbedaan visi, namun akhirnya kami berhasil menyatukan dan membuat solusinya,” jelas Bembeng Kisaran.

“Perbedaan yang ada justru semakin memperkaya wawasan dan juga memperkuat kualitas hasil modifikasi kami ini. Masing-masing saling mengisi kekurangan satu dan lainnya. Begitupun saat saya berperan sebagai driver dan Kisaran sebagai navigator,” imbuh Bembeng Takengon. “Tidak jarang kendaraan kami dan teamwork kami dijuluki sebagai Duo B alias Duo Bembeng,” kekehnya sembari menutup obrolan

Mesin             

Mesin G16A milik Escudo 1.6 dengan pasokan bahan bakar injeksi menjadi pilihan. Muntahan tenaga dan torsinya dirasa cukup memenuhi kebutuhan jip kompetisi yang mengambil sasis Jimny sebagai basisnya ini. Dengan teknologi injeksi maka jip ini tidak mengalami masalah ‘tekor’ ataupun banjir bensin ketika menemui handikap miring, tanjakan ataupun turunan. 

Interior

Interior didesain sesederhana mungkin, namun mudah disimak. Begitu pun dengan penempatan tombol maupun remote winch, sehingga baik driver maupun navigatornya masing-masing dapat mengoperasikan perangkat pada kabin dengan mudah. 

Jok

Jok lansiran Summit Racing ditempatkan pada kabin sederhana tersebut. Untuk menambah kenyamanan, bangku berbahan plastik tersebut dibungkus kulit semi sintetik. Sedangkan untuk menunjang faktor keselamatan, seatbelt 4 titik Takata dipasangkan pada keduanya. 

Gardan

Gardan Jimny dieliminasi dari tugasnya lantaran dinilai kurang lebar dan kokoh. Sebagai gantinya, satu set gardan Land Cruiser Prado 70 series yang sudah masyur. Pada bagian depan dipasangi locker ARB, dan belakang menggunakan Detroit Locker. Sementara final gir dipatok di rasio 4.88 : 1. 

Suspensi

Suspensi bagian depan mengandalkan radius arm milik Land Cruiser 80 series dan coil over shock Profender dengan travel 14 inci. Sementara bagian belakang mengandalkan sistem suspensi 4 link triangleated untuk mendapatkan travel suspensi yang dapat mengakomodir kemampuan optimal coil over shock 16 inci. 

Rem

Rem cakram dipasangkan pada keempat roda jip ini. Bagian depan menggunakan cakram bawaan asli Prado, sementara bagian belakang menggunakan rem cakram comotan dari Mitsubishi Pajero. Rem cakram dipilih karena ringan dalam perawatan dan mudah kering seusai melintas areal basah ataupun lumpur dalam.

Winch

Winch legendaris Warn 8274 ditanamkan di moncong, sedangkan winch PTO ditempatkan pada bagian belakang yang terhubung dengan transfercase milik Jimny SJ30. PTO diklaim aman karena sudah dilengkapi dengan rem. 

Pelek

Pelek Nissan Frontier NP300 dimodifikasi dengan menambahkan beadlock. Dengan demikian ban ini pun dapat dipergunakan hingga tekanan 5 psi. 

 

Spesifikasi

Sasis                            : SJ410 Jimny custom

Bodi                             : custom tubular

Mesin                           : G16A 4 silinder 1.6 liter SOHC OEM Escudo 1.6

Girboks                       : 5 speed manual OEM Suzuki Futura

Transfercase                : 2 speed part-time OEM SJ30

Gardan                                    : Solid axle OEM Toyota Prado

Final gir                       : 4.88 : 1

Suspensi                      : coil overshock Profender 14 inci (depan)

                                    : coil overshock profender 16 inci (belakang)

Jok                               : Summit racing

Pelek                           : customized Nissan Frontier  6.5 x 16

Ban                              : Simex Extreme Trekker 32 x 9.5 x R16

Winch                          : customized Warn M8274 (depan)

                                    : customized PTO (belakang)

Seatbelt                       : TAKATA

Bengkel                       : Ketiara Otomotif

                                    Jl. Tan Saril, Kp Umang no. 76 Takengon Aceh Tengah

                                    Telp : 085207461183


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Utilitas | Tips Off-road
Utilitas | Tips Off-road
JIP TWITTER FEED
Review Produk