KANAL 4Modifikasi

JIPKalau melihat kamus bahasa slang atau bahasa prokem di Inggris, tuff punya definisi beragam, mulai dari tangguh hingga keren. Rasanya ini jadi kata yang pas untuk menggantikan nama Taft, dengan makna yang lebih tepat menggambarkan tunggangan Mohammad Zaiddin.

Cerita tungganganya ini jadi kendaraan yang tangguh dan punya tongkrongan sangar, ternyata datang dari ketidaksengajaan. “Awalnya karena ada ajakan untuk jadi peserta IOX tahun 2013 lalu di Aceh. Waktu itu saya diajak untuk wajib ikutan jadi peserta,” kata pria yang akrab disapa Ziad. Dan waktu itu Ziad belum punya kendaraan yang siap buat ikutan off-road panjang dan berat.

Sebenarnya Ziad hobi koleksi mobil antik dan kendaraan 4x4 merek Jeep, terutama Cherokee dan CJ. Kebanyakan dari koleksinya ini hanya kendaraan yang dibangun untuk dipakai harian. Ziad sebenarnya rada bingung juga harus pakai jip apa buat IOX 2013 lalu.

Bukannya mengorbankan salah satu kendaraan Jeep-nya, justru dia kepikiran buat turun pakai Toyota Hilux. Namun kala itu, kondisi Hilux masih banyak yang harus disiapkan. “Kebetulan ada Taft Rocky yang lebih gampang buat dibangun off-road,” jelasnya.

Ziad punya waktu dua bulan sebelum berlangsungnya IOX, sehingga mempersiapkan tunggangannya harus tepat waktu. Untungnya lagi, Ziad punya bengkel khusus, dengan koleksi kendaraan 4x4 yang berserakan. Jadi jangan heran kalau banyak sparepart berserakan, salah satunya adalah gardan Cherokee.

Dari sini timbul ide iseng buat ganti gardan Taft dengan Cherokee. Hitung-hitung sekalian upgrade sektor kaki-kaki, namun tetap mempertahankan suspensi leaf-spring milik Taft. “Waktu berangkat pertama kali IOX, Taft ini masih pakai ban 32”, buat jaga-jaga as roda. Walaupun sebenarnya as roda ini kemungkinan patahnya kecil ketimbang saat pakai mesin Cherokee,” ucap pria ramah ini.

Dan dari gardan Ziad juga melirik ke bagian mesin, kebetulan ada beberapa mesin Toyota1KZ-TE serta gearbox maticnya sedang ngejogrok. Mesin asli Taft Rocky pun dipensiunkan, ganti dengan mesin yang lebih besar itu. Mengingat bobot selama perjalanan nanti cukup berat.

Dua bulan kurang, Taft ini pun siap untuk berangkat IOX pertama kali. Hasilnya tidak mengecewakan. Taft Ziad dapat menuntaskan event off-road panjang dengan trek ekstrem, tanpa mengalami masalah. Dan dari situ, Taft Rocky ini pun terus jadi andalan dipakai off-road berat dan panjang.

Sepulangnya dari IOX, Ziad pun mulai memantapkan spesifikasi tunggangannya. Dengan mengganti ban lebih besar, sistem suspensi pakai four link-arm racikan sendiri. Ditambah lagi dengan shockbreaker coilover 12” buatan King. Jadilah sebuah kendaraan Tuff Rocky, yang punya kemampuan tangguh dan tongkrongan gagah!

Pas Buat Off-road

Ternyata setelah dijajal langsung di trek off-road, hasil perkawinan silang antara Taft Rocky, Toyota Prado, dan Jeep Cherokee ini berhasil. Taft ini jadi kendaraan yang ideal buat off-road, mulai dari tenaga mesin, durabilitas, dan dimensi, semuanya dirasa pas.

Mulai dari mesin, Toyota 1KZ-TE ini terkenal dengan durabilitasnya yang bagus dan badak. Apalagi untuk off-road, keseringan kendaraan kita ini nenggak solar kualitas jelek. Nah, mesin milik Toyota Prado ini tidak sensitif terhadap kualitas solar yang dikonsumsi.

Pindah ke transmisi, gearbox otomatis bawaan mesin pun tangguh untuk dipakai off-road. Transmisi Aisin A340E terkenal kuat menanggung beban besar. Apalagi, off-road panjang pakai matic rasanya jadi keharusan, terutama kalau bebas dari trouble. Untuk mendapatkan rasio low gear lebih besar, gearbox Aisin ini bisa digabungkan dengan transfercase milik Cherokee. Karena rasio low gear pada Cherokee adalah 2.61.

Sedangkan gardan Cherokee saat dipasangkan pada Taft Rocky, memiliki dimensi yang ideal antara panjang dan lebarnya. Karena wheelbase Rocky yang lebih pendek satu inci dari Cherokee, membuatnya jadi lebih mudah manuver di trek sempit, dan lebih yakin saat melalui trek negatif.

Tidak heran, begitu tunggangan Ziad ini selesai diupgrade seperti kondisi sekarang ini, selalu aktif dipakai off-road. Tidak hanya ikut di IOX dan event off-road lainnya, juga jadi andalan bawa media saat event IOX berlangsung. Kadang kendaraannya ini dipinjam untuk jadi recovery car di beberapa event.

 

Mesin

Mesin 1KZ-TE punya tenaga 130 dk dan torsi 287 Nm, dan ini masih dirasa kurang optimal. Alhasil mesin diesel ini pun dioptimalkan lagi, lewat kalibrasi injektor dan porting polish.

Gardan

Sebenarnya gardan Cherokee ini sudah cukup kuat. Namun biar lebih yakin, dipasangkan as roda berbahan chromoly. Juga locker Detroit Truetrac di depan dan belakang biar lebih tangguh melahap trek off-road

Jok

Jok Recaro ‘bantal’ bikin posisi duduk nyaman dan mantap selama di trek off-road.

 

Spesifikasi Teknis

Mesin               : Toyota 1KZ-TE

Transmisi         : OEM 1KZ

Transfercase    : Cherokee

Gardan                        : Cherokee

As Roda           : Yukon

Locker             : Detroit Truetrac

Link-Arm         : Custom Four Link

Per&Shock      : King Coilovershock

Pelek               : Avantex

Ban                  : Simex Extreme Trekker 35”

Steering Link   : Custom Zihad 4x4

Bumper            : Custom Zihad 4x4

Rollbar             : Custom Zihad 4x4

Cargo               : Custom Zihad 4x4

Snorkel                        : Custom Zihad 4x4

Cut Off            : Flaming River

Alternator        : Toyota VX 80

Aki                  : Optima Blue Top

Jok                   : Recaro ‘Bantal’

Tangki Bensin : Cherokee

Lampu Sorot    : LED

Winch              : Warn 8274 (Depan)

                          Warn 9500 (Belakang)

Bengkel           : Zihad 4x4

 

Teks  : Rindra P

Foto  : Bimo SS


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Utilitas | Tips Off-road
Utilitas | Tips Off-road
JIP TWITTER FEED
Review Produk