KANAL 4Modifikasi

JIP - PT Grand Auto Dinamika selaku APM Jaguar Land Rover di Indonesia mengundang kami untuk melakukan test drive SUV pertama dari Jaguar, F-PACE di Montenegro. Pada kesempatan istimewa ini, kami mencoba performa dari model Jaguar F-PACE S yang dibekali mesin bensin berkonfigurasi V6 berkapasitas 3.0 Liter, juga sistem Twin Vortex Supercharger.

Jika menduga, F-PACE ini adalah Land Rover Discovery Sport yang ditempeli gril dan logo Jaguar, maka sama seperti kami. Dugaan itu adalah kesalahan besar. Mulai dari frame struktur body hingga bahan aluminium yang digunakan, semuanya adalah hasil racikan Jaguar, jika memang ada sedikit kesamaan bentuk dengan saudara sepupunya (Landy), maka hal ini hanya kebetulan semata.

Untuk performa, walaupun menggunakan mesin yang sama dengan model sport F-Type, ia masih lebih kalem, tapi masih mempertahankan suara sangarnya. Dengan bantuan sistem transmisi 8 speed dari ZF, semua tenaga sebesar 380 dk (6.500 rpm) dan torsi 450 Nm (4.500) bisa didapat dengan mudah, sementara akselerasinya dari diam hingga 100 km/jam dicapai dalam 5 detik saja, top speed tercatat 250 km/jam. Cukup mengagumkan untuk sebuah SUV.

Dengan bantuan sistem All Surface Progress Control (ASPC), Jaguar F-PACE ternyata memiliki daya jelajah segala medan yang cukup mumpuni, kendati memang masih di bawah Landy.

Sistem ini bergerak secara tandem dengan cruise control, cukup aktifkan sistem ini via tombol di konsol tengah, nyalakan cruise control dan set kecepatan menanjak dan turun yang sesuai, maka ia akan secara otomatis bergerak, tanpa pengemudinya harus menginjak pedal gas ataupun rem. Sistem penggerak AWD dan drivetrain akan secara otomatis mendistribusikan tenaga setimpal pada tiap roda untuk mendapatkan traksi maksimal.

Selain model S yang bermesin V6 bensin ini, Jaguar juga sudah menyiapkan model F-PACE bermesin diesel, baik yang berkonfigurasi V6 juga Ingenium, 4 silinder berkapasitas 2.0 Liter. 

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Utilitas | Tips Off-road
Utilitas | Tips Off-road
JIP TWITTER FEED
Review Produk