KANAL 4Utilitas

JIP - Bagi para pengguna KIA Sportage generasi 1, yang paling dikeluhkan mengenai kepraktisan adalah membuka pintu belakang alias pintu bagasi. Para pengguna SUV asal negeri gingseng ini direpotkan cara membuka pintu tersebut, yang harus menggunakan kunci kontak. “Ketika kendaraan dalam kondisi menyala dan harus membuka pintu belakang (bagasi), mau tidak mau mesin harus dimatikan dahulu dan kunci kontaknya dipergunakan untuk membuka anak kunci pintu bagasi tersebut,” keluh Indro Anugroho salah seorang pengguna KIA sportage gen 1.

Sebenarnya perihal ketidakpraktisan ini dapat ditanggulangi dengan memasangkan peralatan tambahan aktuator central door locking yang biasa dipergunakan untuk mengunci pintu kendaraan. “Perangkat ini dapat dialihfungsikan sebagai aktuator untuk melepas sistem penguncian pada pintu belakang,” tutur Indro. “Perangkat ini diaktifkan untuk menarik mekanisme penguncian pada pintu belakang bawaan kendaraan ke dalam posisi unlock. Yang sebelumnya hanya bisa dilakukan melalui anak kunci,” imbuh pria yang doyan otak-atik ini. “Dengan kehadiran perangkat ini, maka untuk aktifasi pembuka pintu bagasi cukup dilakukan dengan menekan tombol,” kekehnya.

“Pemasangan ini sederhana dan ringan di kantong, cukup menyediakan aktuator central doorlock, kabel dan juga tombol,” jelasnya. Bagaimana kiat yang dilakukan Indro? Yuk kita simak bersama.

 

1.     Buka trim penutup pintu bagasi 

2. Pasang aktuator central door lock. Cara paling mudah adalah dengan memasangkan perangkat tersebut dengan cableties. Posisikan dan pasang aktuator pada kerangka pintu.

3.Sambungkan as aktuator dengan as mekanis pengunci pintu. Sambungkan kabel aktuator dengan kabel tambahan untuk aktivasi tersebut.

4. Kabel negatif disambungkan pada bodi, sementara kabel positif disambungkan ke tombol dan kemudian disambung ke aki / sumber daya kelistrikan. 

5. Tempatkan tombol pada tempat yang mudah dijangkau. 

6. Perangkat central doorlock murah dan mudah didapatkan di sentra onderdil atau toko variasi mobil.


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
REVIEW PRODUK | WINCH WINCHESTER
REVIEW PRODUK | WINCH WINCHESTER
JIP TWITTER FEED
Review Produk