KANAL 4Modifikasi

JIPJujur saja, waktu berjumpa langsung dengan Diajeng Aisyamedina Desyaputri, terbayang si gadis muda ini menunggangi Defender dengan tampilan klimis dan mulus. Karena, info sebelum bertemu gadis yang akrab di sapa Ajeng ini, dia mengendarai Defender 90 Kanvas dalam kesehariannya. Dan melihat sosoknya yang imut dengan hijab, rasanya Ajeng akan mengendarai Defender klimis layaknya untuk harian.

Tapi kenyataanya tidak, begitu ditunjukkan langsung oleh Ajeng, tunggangannya sangat kontradiktif dengan penampilan sehari-harinya. Defender 90 miliknya berwarna hijau army dan bergaya militer, lengkap dengan winch di depannya. Sontak saya tercengang, begitu beda dengan gaya Ajeng yang sangat sopan.

“Gak heran kok mas, abis udah banyak juga teman Ajeng yang kaget liat kendaraan saya, he he he,” senyum gadis kelahiran 1996 ini. “Apalagi kalau teman-teman pria yang tahu dengan kendaraan saya, mereka pada heran dan kagum. Abis itu pada rebutan deh pengin nyobain nyetir…” tambahnya.

Nah, lebih unik lagi waktu Ajeng cerita tanggapan teman-teman wanitanya. Selain heran pastinya, banyak juga teman sepermainan Ajeng yang bingung cara naik Landy Defender. “Kebanyakan teman cewek itu susah buat naik mobil tinggi seperti ini, dan yang lucunya, banyak yang gak ngerti buat buka pintu Land Rover,” cengirnya.

Mau tidak mau, Ajeng sering bantuin teman wanitanya membuka pintu dan naik ke dalam kabin. Sedangkan Ajeng dengan lincah masuk ke Defender walaupun menggunakan rok panjang, Keren! “Sudah kebiasaan sih dari dulu naik mobil tinggi, abis Ayah sukanya pakai Land Rover,” tambah gadis yang hobi bikin kue ini.

Rupanya pilihan tunggangan Ajeng ini memang menurun dari sang Ayah. Syamsu sang Ayah memang penggila kendaraan 4x4 asal Inggris sejak muda, dan kedua putrinya pun selalu diajak jalan-jalan pakai Land Rover sejak mereka kecil. Ini alasan akhirnya Ajeng, anak kedua Syamsu juga mengikuti jejak sang Ayah.

“Ajeng pertama kali belajar mengemudi mobil, waktu itu pakai Landy, ternyata ketagihan sampai sekarang. Waktu ditawarkan kendaraan saat masuk kuliah, Ajeng justru milih Defender ini. Waktu itu saya sempat tanya dua kali dengan pilihannya, dan dia tetap kekeh pilih Defender,” jelas sang Ayah.

Karena akan dipakai harian oleh putri tercinta, tentu Syamsu sudah mempersiapkan tunggangan senyaman mungkin. Mesin diesel asli bawaan Defender sudah dirasa badak buat dipakai harian. Agar lebih nyaman, Syamsu memasangkan transmisi otomatis milik Land Rover Discovery. Walaupun sebenarnya Ajeng juga sudah fasih dengan transmisi manual.

Syamsu sebagai orang tua pun merasa lebih aman, melepas putrinya beraktifitas. “Pasti orang lebih segan untuk macam-macam dengan kendaraan seperti ini, apalagi tampilannya sudah militer. Dan gampang dipantau, karena pasti saudara atau teman-teman pasti kenal dengan kendaraan si Ajeng,” jelas Ayah yang gemar off-road ini.

Waktu Ajeng ditanya, bila harus ditawarkan untuk ganti kendaraan yang lebih baru dan berjenis SUV, jawabannya cukup unik. “Saya rada bingung kalau bawa mobil baru, karena steernya terlalu ringan, dan ngeremnya terlalu pakem, jadi suka kaget-kaget nyetirnya. Jadi saya tetap pilih pakai Defender ini saja,” tutup Ajeng.

 

Mesin

Mesin diganti dengan Rover 300Tdi, lantaran mesin ini lebih badak dari sebelumnya. Pertimbangan ganti mesin, agar sang anak bebas dari masalah ngadat di jalan.

Transmisi

Transmisi otomatis bikinan Rover ZF 4HP22 sama persis dengan milik Land Rover Discovery 1. Dengan begini, Ajeng makin lengket sama Defender bergaya militeri dalam kesehariannya.

Bagasi

Luarnya boleh militery look… tapi begitu melongok ke bagian ruang belakang. Tampak sosok kendaraan pelajar wanita. Mulai dari boneka, bantal dan buku pelajaran kuliah yang tertata rapih dalam boks.

Dongkrak

Selain peralengkapan kendaraan yang lengkap, perlengkapan Ajeng juga lengkap di dalam tunggangannya.

 

Spesifikasi Teknis

Mesin : Diesel 300Tdi

Girboks : Rover ZF 4HP22

                          (Otomatis 4 Speed)

Gardan : OEM Defender 90

Final Gear : 4.99

Per : OEM Defender 90

Shockbreaker : OEM Defender 90

Pelek : Terrafirma

Ban : Toyo Open Country

Bumper : Custom

Jok : Discovery 1

Winch : Warn Zeon 10

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Utilitas | Tips Off-road
Utilitas | Tips Off-road
JIP TWITTER FEED
Review Produk