KANAL 4Modifikasi

JIPKenangan manis semasa kecil selalu tersemat dalam memori, tersimpan rapi dalam benak kita. Yaps, pria asal Semarang ini salah satunya. Apa yang membuatnya tertarik pada Land Cruiser? “Dulu ayah saya kerja di Jakarta, kami sekeluarga tinggal di sana. Setiap pulang kampung ke Semarang, kami naik TLC short kanvas, waktu itu saya masih kelas 5 SD.”

“Karena masih terlalu kecil, ayah bergantian nyetir dengan kakak pertama saya. Demi kenyamanan anak-anak, sama ayah dipasangkan papan dan kasur di kabin belakang supaya kami bisa tidur.”, sambut Bimo. Selama kurang lebih 5 tahun tunggangan asal Jepang tersebut menjadi andalan keluarga dengan 6 anggota. Dari situlah Bimo mulai melirik Toyota Land Cruiser.

Mulai tahun 2000, Bimo membeli lagi sebuah Land Cruiser. “Ini Cruiser ke-9 saya. Sebelumnya sempat pakai juga FJ45, HJ47, BJ40, FJ40 dan BJ60. Sekarang tersisa FJ45 Ex Pemadam dan VX80.” Penasaran dengan pick up FJ45 RP-K (ex pemadam), tahun 2012 Bimo meminang mobil tersebut dari luar Jawa. “Dapat info ada versi pemadam di Nusa Tenggara, tanpa lihat barang dan fotonya, saya langsung transfer biar cepat dikirim,” ujar Bimo yang waktu itu masih tinggal di Pekalongan.

Setelah barang diterima, kondisi kendaraan jauh dari harapannya. “Saya pikir komplet sama pemadamnya, dan kebetulan versi tersebut belum pernah punya, jadi tanpa pikir panjang dan tidak lihat kondisi langsung saya beli,” cetus pria bernama lengkap Bimo Suprihanto itu.

Sayangnya perlengkapan pemadam tidak ada sama sekali, hanya tersisa lampu sorot di atas atap kabin 1 buah, dan kabel-kabel sirine di dalam kabin. “Pikir punya pikir, akhirnya saya putuskan dilepas semua, karena kalau dikomplitin, carinya pasti susah dan belum tentu ada,” imbuhnya. Sang pemilik memutuskan merestorasi kendaraannya dengan beberapa sentuhan modifikasi sesuai kebutuhannya.

Proses restorasi dikerjakan hampir 1 tahun di bengkel Taruna Jaya. “Saya menginginkan detailnya sama dengan standar FJ45.” Secara keseluruhan spare part yang perlu diganti masih bisa diperoleh dengan mudah. Yang susah cari tempat ban serep dan ongkelannya. “Cukup lama carinya, tapi akhirnya dapat dari teman yang lagi belanja di pasar loak,” serunya.

Penampilan yang dirasa kurang sempurna, sang pemilik pun seakan tak puas sampai di situ. Sebuah PTO dan pelek original FJ45 berukuran 16 pun diburu. Beruntung keinginannya terpenuhi.

 

 

 

“FJ45 ini merupakan kesenangan anak saya yang ke-3, dia suka main trail. Jadi kalau pas mau main, selalu membawa pikap ini untuk mengangkut motor trailnya. Lagian kalau  medannya berlumpur, no problem," tegas Bimo dengan bangga. Biaya modifikasi yang menghabiskan sekitar Rp 150 juta pun tak masalah, asal bapak dan anak senang. 

SPESIFIKASI KENDARAAN

TOYOTA PICK UP FJ45 RP-K 1979

Mesin  : OEM FJ45 4200 CC 6 SILINDER INLINE

Girboks  : 3 SPEED MANUAL 0EM FJ45

Final gir : 9:3:7

Transfercase  : OEM FJ45 2 SPEED PART – TIME FJ45

Gardan  : OEM FJ45

Pelek  : Beadlock 15 x 7.5”

Ban : Simex Extreme Tracker 31x 10,5 x 15

Per  : OEM FJ45

Sokbreker : KAYABA ( DEPAN / BELAKANG )

Powersteering : OEM BJ40

Jok  : OEM BJ40

PTO  : OEM FJ45

Stir  : OEM FJ45

Bengkel : Taruna Jaya

Jl. Magelang KM.12 Kaliboto Purworejo

Telp. 081225103456 / 081328003120

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
JIP TWITTER FEED
Review Produk