KANAL 4Modifikasi

JIPMemiliki sebuah AMC Jeep CJ-7 Limited merupakan suatu kebanggaan tersendiri.  Sesuai dengan namanya ‘limited’, jip Amerika ini merupakan trim level tertinggi dan jumlahnya terbatas dari kaumnya. Arif Basana Hutagalung merupakan salah satu orang yang beruntung dapat memiliki CJ-7 Limited tersebut.

Namun sepertinya, Arif menginginkan sesuatu yang lebih dari sekadar versi limited. Ayah dari dari Abbie, Abele dan Arlo ini, belum bisa berpuas dengan Limited miliknya. “Saya menginginkan Limited versi Amerika,” tuturnya. “Namun di sisi lainnya, saya tidak mau kehilangan perintilan aksesoris versi lokal yang justru di versi Amerika tidak ada,” lanjut pengusaha di bidang pertambangan ini.

Bicara spesifikasi, versi Indonesia justru dinilai lebih tinggi lantaran terdapat winch elektrik sebagai standar equipmentnya. “Sedangkan versi Amrik tidak memilikinya,” tegas Arif. “Oleh sebab itu saya enggak mau ciri Indonesia itu hilang, namun di sisi lain, saya kadung kepencut dengan Limited versi Amrik,” cerocos penggila Jeep ini.

Keputusan nekad pun lantas diambil. Arif mengambil inisiatif untuk menggabungkan spesifikasi antara versi Limited yang dijual di belahan bumi Timur dan Barat ini sekaligus. Risiko kehilangan roh dan tema dua kendaraan tersebut cukup mengganggu pikiran Arif. Namun kemudian ia mencoba berfikir dalam sudut yang berbeda. “Saya mencoba melihat dari perspektif sebaliknya. Justru saya memiliki dua limited sekaligus dalam satu bentuk kendaraan,” kekehnya. “Memang tiba di satu titik nanti akan menjadi kontroversi, terlebih di antara para pecinta Jeep, namun saya kembalikan pada diri sendiri, sejauh bisa menikmati, semuanya tidak menjadi masalah,” tutupnya.

 

Mesin

Mesin AMC 258 12 bandul tetap dipertahankan. Mesin 6 silinder 4.2 liter ini dioverhaul dan mengalami serangkaian upgrade untuk performanya. Kem Iskandarien berdurasi 270° dan modul pengapian dari Davies Unifield Ignition sukses mendongkrak performa jip ini. 

Gardan

Dana 30 wide track tidak ada perubahan sama sekali, tetap mengandalkan as roda bawaan kendaraan. Sedangkan AMC 20 diupgrade dengan menggunakan as roda one piece heavy duty lansiran Summer Brother. Untuk final gir menggunakan rasio standar 3.55 : 1.

Spion

Ciri spion Limited ala Amerika yang kecil dan memiliki kesan sporty segera menjadi ciri. Kaca spion ini dipergunakan pula pada YJ Wrangler tipe Sahara.

Grill

Grill dengan 7 lubang udara yang sudah dikenal sejak zaman ‘rounded fender’  di era 50-an seakan tak tergoyahkan oleh waktu. Grill ini dipergunakan pertama kalinya oleh Jeep M38 A1, kemudian diturunkan pada CJ-5, CJ-6, CJ-7 dan CJ-8 . Grill ini yang paling lama dipergunakan pada keluarga Jeep hingga sekarang. 

Winch

Winch elektrik Ramsey menjadi ciri CJ-7 Limited yang dipasarkan di Indonesia namun tidak demikian dengan versi di Amerika. Banyak pecinta jip beranggapan bahwa winch merupakan ciri paling eksotis dari sebuah jip, sepertinya hal ini yang dianut oleh Arif sehingga ia enggan melepaskan peranti rekoveri ini dari jip kesayangannya.

Lampu sein dan tembak

Lampu sein tambahan yang menjadi ciri khas Limited Indonesia tetap berada pada posisinya, begitu pun dengan lampu tembak SEV Marchal yang menjadi ciri Limited baik di Amerika maupun versi Indonesia. 

Pelek                            

Ciri khas limited versi Amerika terdapat pada pelek L-Star non krom yang ditambah hiasan ring dari bahan stainless steel. Ban Good Year Wrangler AT/SA dipilh salah satunya karena faktor sejarah. Good Year merupakan ban asli bawaan CJ-7 saat keluar dari perakitan, baik itu di Indonesia maupun di Amerika.

Tutup bensin

Tutup bensin orisinal CJ-7 dalam kondisi new old stock (NOS) ini sekali lagi merupakan rentetan barang yang didapat dari perburuan di dunia maya. Begitupun dengan lampu belakang atau yang biasa disebut orang Amerika sebagai Tail light produk Grote yang juga merupakan barang NOS.

Interior

Interior hitam dengan tambahan aksen putih menjadi identitas interior CJ-7 Limited versi Amerika dan juga Indonesia. Dibangun dari bahan Limited versi Indonesia dengan kondisi aksesori lengkap, sehingga memudahkan dalam melengkapi target modifikasi.

Frame kaca

Frame kaca berkelir hitam begitu pula dengan frame pintu menjadi ciri identifikasi CJ-7 Limited versi Amerika.

Dasbor

Deretan pernik pada dasbor adalah bentuk kesabaran Arif dalam mengumpulkan pernak-pernik Limited , khususnya versi Amerika. Khusus untuk hal ini, Arif berfokus total pada Limited asal negeri Koboi.

Footstep memanjang merupakan ciri Limited versi Indonesia dan hal itu tetap dipertahankan oleh Arif. Versi Amerika menggunakan footstep dengan ukuran lebih pendek. 

Spesifikasi

Sasis  : AMC CJ-7

Bodi  : AMC CJ-7

Mesin  : AMC 258 cu.in (4.2 liter) OHV 6 silinder inline 12 bandul

Cam : Isky 270 racing cam

Pengapian : Davies Unified Ignition

Karburator : Carter 2 bbl

Header : custom 6-1 by Tanwir

Exhaust : Free flow exhaust by Tanwir

Transmisi : 4 speed manual Tremec T-176

Transfercase : 2 speed part-time Dana 300

Clutch & kit : Mopar

Gardan : Dana 30 wide track (depan)

             : AMC 20 wide track (belakang)

Rear axle : one piece by Summer Brother

Suspensi : OEM Leaf spring

Shock : Monroe matic

Pelek  : L-Star 7” dengan ring stainless steel                                     

Tire : Good Year Wrangler  235 x 70 x R15

Hardtop : OEM CJ-7

Audio : OEM Jeep

Decal : Phoenix Graphix. USA

Headlight : SEV Marchal

Foglight  : SEV Marchal 850 GT

Taillight : Grote

Steer : OEM CJ-7 Limited

Fuel tank : 80 liter

Mud flapp  : OEM AMC

Paint /body work : Southern Brother By BOCIN

Bengkel : Dikerjakan sendiri (Jeep Garden)     

             


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
JIP TWITTER FEED
Review Produk