KANAL 4Modifikasi

JIPKendaraan Jepang keluaran Toyota Motor Corporation bak legenda yang tak pernah surut dimakan waktu, khususnya FJ40 yang keberadaannya selalu dapat kita jumpai di setiap kota. Yaps, apalagi FJ40 hatchback yang populasinya tergolong sedikit di Indonesia, tak pernah surut digemari pecinta Land Cruiser. Varian yang cukup langka ini konon didatangkan dari Australia, dan hanya beredar di Jepang, Timur Tengah dan Amerika.

Siapa sangka dari obrolan sambil lalu berujung indah. “Saya awalnya cuma iseng guyon sama pemilik sebelumnya, eh ujungnya malah barteran sama BJ40 saya.”, sambut pemilik yang tak ingin disebut namanya ini.

Mobil ini pernah jadi sorotan di acara Djarum Black Classic Show Down 28-29 Mei 2011 silam, yang menjadi pertemuan pertama sang pemilik dengan si hatchback. “Beberapa bulan kemudian saya bertemu lagi dengan si pemilik, dan akhirnya terjadi barter dengan nilai tambah yang disepakati,” lanjutnya.

Kendaraan ke-3 miliknya ini nyaris sempurna, nyaris tanpa cacat cela. Hal itu diakui oleh pemilik bengkel yang terlibat dalam proses restorasi dengan pemilik sebelumnya. “Jip ini cacatnya cuma keropos di bagian belakang kanan kiri dekat lampu, sebesar 5 cm, lalu saya tambal sulam. Lainnya dalam kondisi baik, bahkan mesin pun belum overhaul. Si pemilik niatnya juga semua original, supaya bisa melestarikan Land Cruiser dengan segala spek sestandar mungkin,” cetus Hendi asal Jepara. Hampir 90 persen spare part dan aksesori NOS (New Old Stock), semua bagian dikembalikan seperti awal jip tersebut dipasarkan.

Tak main-main dalam restorasi, sekecil apapun bagian dalam kendaraan tersebut dikembalikan sesuai bawaan pabrik, semua baut masih original. “Kondisi sebelumnya memang sudah direstorasi, sejak itu saya rawat dan menambah beberapa bagian yang menurut saya masih kurang,” cetus ayah dari Mario Steven Wijaya itu. “Peleknya masih pakai ring 15, lalu saya carikan pelek asli milik Toyata ring 16 dan ban Firestone, supaya penampilan jadi lebih bagus,” papar pria yang hobi offroad itu.

Proses restorasi ternyata tak semudah yang kita bayangkan, ada literatur atau setidaknya referensi sebagai panduan mengembalikan originalitas kendaraan tersebut. Pihak bengkel sebagai partner sang pemilik, menggali data tentang keakuratan detail sesuai tahun dan tipe kendaraan. “Saya lacak lagi tahun produksi sebenarnya, karena di BPKB tertera 1969, sedangkan penampilan dan spek condong ke produksi '68. Setelah dicocokkan pada data VIN data base, ternyata tahun produksi November '68,” ujar Hendi Don Christopher.

Perbedaan yang cukup signifikan FJ40 diatas tahun 1969, dapur pacu FJ40 tahun '68 berkode F145, sedangkan tahun '69 mesin dibandrol dengan kode F155. Tahun '69 ke atas diameter lampu belakang lebih besar, lampu sein yang terpampang diatas fender berbentuk kotak oval. Sisi samping emblem Toyota Land Cruiser yang berada disamping ruang mesin terdapat lampu sein kotak berbalut mika orange. Lampu sein tersebut mulai ada sejak tahun '69 sampai '74.

“Saya terkesan mobil bisa kembali sempurna seperti pada masa keluarnya pertama kali,” tegas pria kelahiran Bojonegoro ini. Penampilan si hatchback yang kian mencengangkan, sang pemilik makin percaya diri jip kesayangannya mengikuti kontes pameran mobil. Dari kontes tersebut menjadi ajang pembuktian bahwa FJ40 masih bisa mengambil hati para juri dan mendapatkan kategori terbaik dibanding mobil klasik lainnya.

“Namun kesenangan memiliki hardtop hatchback ini bukan merupakan sebuah kepuasan buat saya. Saya terus mencari dan mencari generasi FJ yang lebih langka dibanding tipe Hatchback ini. Sehingga bisa saya nikmati perjalanan restorasinya, supaya lebih puas dan bisa mengikuti prestasi yang diperoleh FJ40 Hatchback ini,” kekehnya.

 

PRESTASI FJ40 1968

1. Djarum Black Classic Showdown 2011

  - Kategori "Best Original Exterior" Toyota Land Cruiser

2. Otoblitz International Classic Car Show 2011

  - Kategori "Most Eye Catching of Amazing 4X4"

  - Kategori "Good Restoration Condition" - Winner of Top Ten

  - Kategori "The Best Engine Bay" - Winner of Top Ten

3. Jambore Jip Nasional 2 2012

  - Kategori "The Best Toyota Jambore Jip Nasional 2"

4. Classic Showdown 2012

  - Kategori Runner Up of Restoration Classic

5. Classic Showdown - Juni 2013

  - Kategori Champion of Restoration Classic

6. Classic Showdown - November 2013

  - Kategori Champion of Restoration Classic

7. Otoblitz International Classic Car Show 2015

  - Kategori Winner "Most Eye Catching of Amazing 4X4"

DATA & SPESIFIKASI KENDARAAN

Toyota Land Cruiser FJ40 1968

Mesin : OEM FJ40 F145 6 Cyl

Karburator : OEM FJ40

Girboks  : OEM FJ40

Transfercase : OEM FJ40

Pelek  : OEM FJ40 16x5,5

Ban : Firestone Groundgrip 16 x 7.00

Per : OEM FJ40

Sokbreker : Kayaba Telescopic

Bodi : OEM FJ40

Gardan : OEM FJ40

Dasbor  : OEM FJ40

Bengkel  : Hendi Don Christopher

Jl. Jepara Kudus KM 11 no. 777 Pecangaan - Jepara

Telp. 08132.565.0102 / 0838.6260.7171 (Hendi)

 

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
JIP TWITTER FEED
Review Produk