KANAL 4Test

Saat melakukan sesi test drive Jaguar F-PACE di Montenegro beberapa waktu lalu, selain model S yang dibekali mesin V6 3,0 Liter, kami juga diberikan kesempatan untuk mencoba model R-Sport Diesel yang mengusung mesin 4 silinder berkapasitas 2,0 Liter.

Kendati memang memiliki desain eksterior yang sama dengan model S, R-Sport diesel ini merupakan versi downspec. Artinya ia tidak dibekali fitur seperti Head Up Display (HUD), bahkan pengatur posisi kemudi juga, walau teleskopik, masih manual, bukan elektrik seperti model S.Namun fitur lain seperti sistem infotainment InControl Touch Pro dan meter cluster digitalnya masih sama dengan model trim lainnya.

Jaguar F-PACE R bermesin diesel 4 silinder inline,  turbo berkapasitas 2,0 Liter. Beda karakter dengan model bermesin V6, itu sudah pasti, tapi varian bermesin diesel ini memiliki tenaga sebesar 180 HP di 4.000 RPM dan torsi  430 Nm pada rentang 1.750-2.500 RPM. Untuk performa, ia bisa dibilang memiliki karakter ‘family’ speed, alias tidak segesit mesin V6, tapi lebih dari cukup untuk mengangkut keluarga dari point A ke point B.

Tujuan kali ini adalah Lovcen National Park dengan trek kebanyakan off-road ringan, minim jalan berlapis tarmac. Jalan menuju taman nasional Montenegro ini ternyata juga sangat mirip dengan kebanyakan jalan di Indonesia, dua lajur untuk dua arah, mengitari bukit dengan tikungan hairpin juga blind hairpin. Kesempatan untuk menguji handling dan suspensi, itu sudah pasti.

Di area Lovcen National Park ini, panitia juga telah menyiapkan area off road, sekali lagi untuk merasakan fungsi sistem ASPC, bedanya kali ini tidak menggunakan ramp buatan, tapi asli buatan alam. Hujan deras tidak membuat lintasan menjadi mudah alias sangat licin, tapi ternyata F-PACE bermesin diesel ini sangat mampu untuk melibasnya.

Di etape selanjutnya kami masuk ke area off-road yang bisa dibilang menengah, dengan gravel kasar juga batu-batu kerikil tajam. Rasa khawatir sempat muncul, apakah ban tipis yang membungkus pelek 22 inci ini akan pecah, masalahnya, kendati ada marshall, harus berhenti dan mengganti ban bukan hal menyenangkan pada suhu 1 derajat celcius. Untungnya tidak terjadi hal buruk, dan kami bisa melanjutkan perjalanan.

Etape terakhir, sekaligus rute penutup jumpa kami dengan Jaguar F-PACE adalah rute 24 hairpins, jalan satu lajur untuk 2 arah, dan semuanya adalah turunan. Ini adalah jalan semi ekstreme yang mungkin di Indonesia sudah sangat jarang dijumpai. Jika harus berpapasan dengan mobil lain berlawanan arah, kami harus menepi untuk memberi jalan. Luar biasa! Sekali lagi, ketangguhan suspensi dan handling F-PACE teruji performanya. Jujur, jika tidak karena sedikit rasa limbung, kami kadang lupa sedang mengemudikan sebuah SUV.                  

DATA

Jaguar F-PACE  2,0d R Sport

Mesin                         :                       2,0 L Ingenium Commonrail Diesel  inline 4, DOHC, Turbo charged

Tenaga                       :                       180 dk @ 4.000 rpm

Torsi                           :                       430 Nm @ 1.750-2.500 rpm

Transmisi                  :                       8 Speed Automatic, AWD

Dimensi                     :                       4,731 x 2,175 x 1,652 mm

Wheelbase               :                       2,874 mm

0-100 km/jam           :                       8,7 sec

Top speed                 :                       208 km/h

Konsumsi BBM        :                       5,3 L/100 Km (Combined)

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
JIP TWITTER FEED
Review Produk