KANAL 4Modifikasi

JIP - Di kalangan pecinta off-road di daerah Jakarta, sedang trend foto narsis ala GaBin. Buat yang belum tahu, ini adalah gaya foto dengan ekspresi muka datar, sambil mengangkat tangan mengacungkan jari telunjuk dan jempol, seolah-olah menggenggam pistol. Dan gak disangka, ini jadi gaya khas Binsar Betonianto setiap kali foto. Singkatan dari Gaya Binsar (Gabin)…

Binsar beserta keluarganya suka sekali dengan aktifitas outdoor. Hampir setiap akhir pekan, keluarga kecil Binsar berangkat ke daerah yang masih alami. Ini tentu membuatnya dekat dengan kegiatan off-road ataupun camping dengan komunitas jip.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_01_16_02_38_14_IMG_4665.jpg

“Saya suka dengan kendaraan 4x4, dan camping. Tentunya hobi saya ini bakal lebih nikmat kalau didukung keluarga,” ucap pria berkacamata ini. Jadi tidak heran, hampir setiap aktifitas off-road atau camping Binsar, selalu ada foto dengan keluarga lengkapnya, tentunya dengan pose GaBin-nya.

Agar keluarga tetap nyaman pergi camping dan off-road, Binsar pilih Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x4. “Pajero inilah yang jadi andalan, pergi camping hayuk. Tapi kalo mau off-road rada ekstrem juga lanjut,” celetuknya. Intinya, Binsar tidak anti kalau Pajero-nya harus ‘penyok’ karena dipakai off-road.

Karena hampir setiap outing diselingi dengan off-road, rasanya Binsar mulai gatal punya kendaraan khusus untuk disiksa. Maksudnya, dalam level trek off-road yang jauh lebih berat. Apalagi, teman sepermainan lumpurnya sudah pada terjun dalam event off-road berat dan panjang. Sebut saja, lagi pada keranjingan ikut IOX.

Tunggangan Pajero Binsar lebih cocok untuk dipakai family off-road. “Sebenarnya bisa saja dipakai off-road berat, karena sudah saya siapkan. Selain recovery yang sudah lengkap, Pajero saya ini sudah saya pasang locker di gardan depan dan belakang,” terang pria pengusaha bidang property ini.

Untuk bikin kendaraan off-road ekstrem ini, Binsar konsultasi dengan Yuri Kusweri. “Tadinya saya mau beli saja Vitara milik Yuri,” celetuknya. Justru Yuri menyarankan untuk bikin baru dari nol, agar hasilnya lebih puas dan punya tunggangan yang lebih tangguh.

“Nah, pertanyaan yang timbul dibenak saya kemudian. Gimana cara minta restu dari istri saya buat bikin kendaraan off-road ekstrem,” celotehnya. Setelah rayuan gombal cukup lama, akhirnya dapat restu juga. Dan Moses Noel anak tunggalnya semangat sekali saat ayahnya ingin bikin kendaraan off-road ekstrem. “Untungnya Moses sangat suka sekali dengan kendaraan off-road,” tambahnya.

Hasil konsultasi dengan Yuri, saran bikin kendaraan off-road diarahkan pada Suzuki Vitara. Walaupun Vitara ini bakal dipotong-potong, Binsar tetap ingin punya ‘bahan’ yang tahunnya muda dengan kondisi segar. Suzuki Escudo pun jadi pilihan, yang penting masih dalam keluarga Vitara. “Toh gak masalah Escudo 4x2. Nantinya juga cuma bodi dan sasis yang kepakai,” celetuk Binsar.

 Agar sekali jadi, dan hasil memuaskan. Binsar membawa kendaraannya ke bengkel Dana Suspension Specialist (DSS) Garage. Di sana, Yuri mengambil peran untuk modifikasi, mulai dari desain rollbar dan lain-lain. Untuk kaki-kaki dipilih gardan Toyota VX80, dan mesin menggunakan Toyota 1KZ-TE.

Tidak cuma untuk ikut off-road ekstrem, Binsar juga kepingin tunggangannya ini tetap bisa bawa keluarganya off-road, diluar event off-road tentunya. “Saya pengin keluarga saya tetap mencintai alam Indonesia yang indah,” jelasnya. Sehingga bagian bangku belakang tetap nyaman diduduki, walaupun harus berbagi ruang dengan rollbar dan cargo barrier.

“Saya suka sekali dengan Escudo ini, tampilannya sekarang paling sangar di rumah. Waktu dijajal off-road, rasanya juga enak, gak keras, dan bisa off-road ekstrem,” jelas Moses anak tunggal Binsar.  Oke deh, ditunggu ya ceritanya setelah ikutan event off-road ekstrem…

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_01_16_02_38_14_IMG_4591.jpg

Mesin

Mesin Toyota 1KZ-TE, saat ini sedang hype di kalangan off-roader. Hampir semua kendaraan off-road, terlebih untuk off-road durasi panjang menggunakan mesin ini. Lantaran ini jadi salah satu mesin badak dan tidak rewel disiksa. Binsar pun mempercayakan mesin ini ditunggangannya.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_01_16_02_37_36_gardan.jpg

Gardan

Karena VX80 sudah kuat, Binsar lebih mempercayakan as roda bawaan pabrik. Walaupun sudah dipasangkan ARB Airlocker di gardan depan dan belakang, tetap tidak takut patah disiksa di trek off-road nanti.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_01_16_02_38_22_suspensi.jpg

Suspensi

Suspensi hasil racikan bengkel Dana Suspension Specialist (DSS), mengubah sistem suspensi jadi 5 link-arm pada gardan depan, dan 4 link-arm di gardan belakang. Ditambahkan stabilizer bar khusus agar tetap stabil dikendarai.

Cargo

Kursi bagian belakang juga model knockdown, hanya butuh waktu semenit ngelepas jok belakang. Jadi kalau sewaktu-waktu berangkat hanya dengan navigator, tidak susah lagi ganti komposisi ruang kabin. Tinggal pasang rack bagian belakang dan memindahkan posisi cargo barrier di belakang jok baris depan.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_01_16_02_37_05_AC.jpg

Cut Off

Cut off Flaming River khusus untuk mematikan arus listrik inverter saat camping.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_01_16_02_37_05_cargo%202.jpg

AC

Blower AC terpaksa pindah di belakang, mengambil sedikit ruang barang. Karena ruang di dashboard sudah termakan oleh firewall.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_01_16_02_37_36_dashboard.jpg

Dashboard

Dashboard tidak banyak tersentuh oleh tombol-tombol perangkat off-road. Hanya ada toggle switch khusus mengoperasikan winch depan dan belakang.

Listrik

Semua perangkat yang berbau listrik pindah ke bagian atas. Selain jadi tersusun rapih, lebih aman juga saat kabin terendam air.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_01_16_02_37_36_Gabin.jpg

Gabin

Ini dia gaya foto narsis ala GaBin…

Spesifikasi Teknis

Mesin               : Toyota 1KZ-TE

Gearbox           : OEM Toyota 1KZ

Knalpot           : Custom DSS

Gardan             : Toyota VX80

Locker             : ARB Airlocker

Final Gear       : Yukon 7:37

Link Arm         : Custom DSS

Stabilizer         : Custom DSS

Shockbreaker   : KING Coilovershock 12”

Velg                 : Daytona Custom Beadlock

Ban                  : Simex Extreme Trekker 35”

Alternator        : Powermaster

Extra Fan        : OEM Mercy

Lampu Sorot    : LED Bar

Bumper            : Custom DSS

Fender             : Custom DSS

Side Step         : Custom DSS

Roof Rack       : Custom DSS

Rollbar             : Custom DSS

Radio Komunikasi       : Icom IC V8000

Aki                  : Amaron 100 Amper

Cut Off            : Flaming River

Winch              : Warn 8274 (Depan)

                          Warn 9.5 Xp (Belakang)

PTO                : OEM Toyota

Bengkel           : Dana Suspension Specialist (DSS)


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
MEX DIRTHBIKE part 4
MEX DIRTHBIKE part 4
JIP TWITTER FEED
Review Produk