KANAL 4Test

JIP - Kami sangat menikmati semua test drive SUV dari BMW. Produsen asal Jerman itu termasuk pionir ketika berurusan dengan SUV hi performance. Mereka melansir BMW X5 pada 1999 silam, ketika pabrikan lain masih setengah-setengah soal SUV. Pun X5 menjadi benchmark lantaran menyajikan performa jalan raya menakjubkan, yang tak disediakan SUV 4x4 pada zaman itu. Kini, line up produk seri X (SUV-SAV) mereka pun berkembang hingga X6, X4, X3, dan X1 sebagai yang terkecil alias paling bungsu.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_06_08_06_35_IMG_6903.jpg

Selain X4 yang memang belum sempat, kami sudah menjajal hampir semua seri X, dari X3, X5 terbaru, hingga X6 yang sangat sporty. Dari yang bermesin bensin hingga varian dieselnya yang mengagumkan, semua memberi performa jempolan. Bila Anda suka ngebut dengan SUV, BMW patut jadi pertimbangan utama.

Namun kali ini agak berbeda. Karena yang kami coba adalah all-new BMW X1 sDrive 18i X-Line, Sport Activity Vehicle (SAV) yang diklaim paling sporty di kelasnya. Seperti biasa, kami membawanya keliling menikmati kemacetan serta jalur bebas hambatan seputar Jakarta, termasuk keluar kota untuk outdoor activity ringan.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_06_08_06_57_IMG_7167.jpg

Soal rasa dan pengalaman mengemudinya, jangan berharap akselerasi kilat seperti X3 diesel atau X6 yang super garang, namun handling dan suspensinya memang khas BMW. Kemudi yang presisi dan kabin nyaman (dalam mode comfort), bikin pede ketika dipacu cepat. Ini adalah X1 generasi kedua, dengan tampilan baru yang terlihat lebih “SUV” ketimbang pendahulunya.

Meski tenaganya paling imut di antara saudaranya, jangan mengira X1 ini lemah gemulai. Toh selama pengetesan dalam kota Jakarta, kami lebih banyak menggunakan mode Eco Pro dan Comfort yang sudah memadai. Memang, pada mode sport, X1 terasa lebih agresif.

Soal tenaga yang tak seganas saudaranya itu, bisa dimaklumi karena X1 terbaru ini menggunakan mesin paling kecil, 3 silinder penenggak bensin berkapasitas 1.500 cc, namun ditopang turbocharger menghasilkan 136 dk pada 4.400 rpm dan torsi maksimum hingga 220 Nm pada putaran 1.250 rpm.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_06_08_06_13_IMG_6871.jpg

Kelebihan X1 terbaru ini memang bukan soal tenaga, melainkan kepraktisan, termasuk konsumsi bahan bakar yang sangat efisien untuk ukuran sebuah SUV bensin. Dari spesifikasi pabrik dicantumkan rata-rata 18.9 km/l dengan emisi CO2 124 g/km (sesuai dengan siklus tes rata-rata EU). Tapi dari pengujian kami, dalam konsumsi bensin bermain antara 12 - 18 km per liter bensin. Luar biasa untuk sebuah SUV kompak bermesin bensin, menjadikannya kendaraan idaman untuk wara-wiri seputar perkotaan.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_06_08_07_05_panoramic.jpg

Kelebihan lain the all-new BMW X1 ini adalah desain interior yang memberikan kenyamanan berkendara dan kepraktisan serta fungsional. Posisi duduknya sedikit lebih tinggi layaknya keluarga BMW X pada umumnya, kokpit khas BMW ini berfokus pada pengemudi, dengan tampilan yang elegan dan lapang, serta nuansa kemewahan dari material berkualitas tinggi.

Dengan panjang 4.439 mm, lebar 1.821 mm, dan tinggi 1.598 mm, proporsi model the all-new BMW X1 ini tampil lebih gagah, dan lebih bernuansa Sports Activity Vehicle dibanding pendahulunya. Kabin pun lebih lapang dan nyaman untuk 4 hingga 5 penumpang.

The all-new BMW X1 ini hadir dalam dua varian, BMW X1 sDrive18i dan BMW X1 sDrive18i xLine. Perbedaannya, eksterior xLine dilengkapi BMW kidney grille dengan kisi-kisi aluminium. Juga diperkuat dengan aksen silver di saluran udara, side skirt dan pelindung underbody. Trim interiornya terdiri dari paduan kain dan kulit dalam warna Granite Brown/Black dengan aksen hitam dan dashboard high-gloss berwarna hitam dengan aksen Pearl Gloss Chrome.

Efficient Dynamics

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_06_08_06_57_mesin.jpg

Seperti disebut sebelumnya, teknologi unggulan BMW X1 ini termasuk mesinnya yang efisien.  Mesin bensin tiga silinder 1.500 cc menghasilkan tenaga hingga 136 hp pada 4.400 rpm dan torsi maksimum 220 Nm pada putaran 1.250 rpm. Dapat melaju 0-100 km/jam dalam waktu 9,7 detik dan memiliki konsumsi bahan bakar rata-rata 18.9 km/l serta emisi CO2 124 g/km [sesuai dengan siklus tes rata-rata EU].

Pada mode ECO PRO yang diaktifkan melalui tombol Driving Experience Control, pengemudi dengan transimisi Steptronic delapan-percepatan, dapat mengaktifkan fungsi coasting. Pada kecepatan antara 50 sampai 160 km/jam, putaran mesin akan segera berkurang ketika pengemudi mengangkat kaki dari akselerator. Efisiensi lebih jauh juga tercapai dengan penggunaan reduced-friction wheel bearings dan ban dengan resistansi putaran yang lebih rendah.

Sasis Dan Suspensi Canggih

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_06_08_06_13_IMG_6851.jpg

Teknologi sasis X1 telah dikembangkan secara menyeluruh dan kini telah menggunakan suspensi single-joint strut di bagian depan dan multi-link axle di bagian belakang. Aluminium swivel bearings, axle carriers dan control arms dari baja berkekuatan tinggi, mengurangi berat dan meningkatkan kekakuan as roda depan, sehingga memberikan respon belok yang tangkas dan tepat.

As roda belakang juga menggunakan baja berkekuatan tinggi. Kelincahan dan kenyamanan pada the all-new BMW X1 juga didukung perpaduan anti-roll bars berbentuk silinder pada as roda depan dan belakang, pemasangan as roda yang inovatif dan elastokinematics yang diselaraskan, serta koneksi suspensi ke body lewat support mounts yang canggih.

Fitur khas BMW adalah Servotronic speed-sensitive steering. Sistem ini mengatur rasio putaran kemudi dan beban putar kemudinya, sehingga memudahkan saat parkir, namun tetap aman dan nyaman pada kecepatan tinggi.

Sistem Dynamic Stability Control (DSC) yang jadi standar, meliputi fitur-fitur seperti Anti-lock Braking System (ABS), Dynamic Traction Control (DTC), Cornering Brake Control (CBC), Dynamic Brake Control (DBC), Brake Assist system, Fading Compensation, Dry Braking function dan Start-Off Assistant.

Teknologi lain yang tersedia sebagai pilihan yaitu fungsi trailer stabilization, Active Differential Brake (ADB), Attentiveness Assistant dan Performance Control. Ketika DSC dimatikan, fungsi Electronic Differential Lock Control (EDLC) – roda depan akan aktif. Pada tikungan tajam, teknologi tersebut menghentikan putaran roda sebagaimana diperlukan dan memastikan tenaga dialihkan ke roda lainnya.

Paduan Kenyamanan dan Fungsional

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_06_08_06_57_IMG_6957.jpg

Posisi duduk yang lebih tinggi – 36 mm di depan dan 64 mm di belakang jika dibandingkan generasi sebelumnya, headroom lebih luas, ruang yang lega, serta bantalan siku yang tersedia untuk seluruh penumpang, menambah kenyamanan penumpang.

Ruang kaki pada baris kedua telah bertambah hingga 66 mm, kapasitas bagasi 505 liter pun meningkat hingga 85 liter dari generasi pertama X1, itu pun dapat bertambah hingga 1.550 liter dengan melipat bangku baris kedua yang memiliki konfigurasi 40 : 20 : 40. Bangku tersebut juga dapat maju dan mundur sejauh 13 mm dengan konfigurasi 60 : 40, meningkatkan kenyamanan dan kapasitas penyimpanan sesuai kebutuhan.

Konektivitas dan infotainment

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_06_08_06_13_ecopro.jpg

Sistem BMW ConnectedDrive yang telah berjalan selama bertahun-tahun, adalah sistem yang membantu pengemudi dan juga layanan mobile, yang ditawarkan sebagai pilihan standar atau tambahan.

Selain itu, the all-new BMW X1 ini hadir dengan teknologi infotainment yang memberikan kenyamanan terbaik pada segmen premium compact. Contohnya BMW Apps, yang membawa aplikasi smartphone – seperti BMW Connected – ke dalam kendaraan dan menghidupkan fitur-fitur di dalamnya. Fasilitas sambungan audio melalui USB, AUX-IN dan Bluetooth memungkinkan musik dimainkan dengan jernih, ditopang amplifier 205 W.

Sistem navigasinya pun menyediakan map yang sangat detail dengan berbagai sudut pandang yang mempermudah pengemudi menemukan rute terbaik. Pilihan beberapa tampilan rute – seperti tanda panah, map yang mengarah ke utara, map dengan tujuan khusus dan juga perspektif 3D. Sistem navigasi ini dikendalikan menggunakan iDrive Controller dengan direct select menu dan voice control.

The all-new BMW X1 sDrive18i akan ditawarkan dengan harga Rp. 619.000.000 off-the-road dan the all-new BMW X1 sDrive18i xLine akan ditawarkan dengan harga Rp. 659.000.000 off-the-road. Setiap unit kendaraan dilengkapi dengan BMW Service Inclusive, yang meliputi pemeliharaan rutin tanpa biaya selama 5 tahun atau 60.000 km, tergantung mana yang tercapai lebih dahulu, serta garansi 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. Ban kendaraan juga dilindungi oleh BMW Group Tire Coverage selama 3 tahun dan mencakup penggantian hingga 4 ban per tahun sampai 100% yang mencakup biaya ban dan tenaga kerja, meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan, dan robek atau dari kendaraan yang terus berjalan pada ban kempes. Ban akan diganti dengan yang asli, dengan syarat dan ketentuan berlaku.

  1. Spesifikasi the all-new BMW X1.

Spesifikasi

Mesin bensin 1,5 liter tiga silinder segaris BMW TwinPower Turbo technology

(TwinScroll turbocharger, High Precision Injection, VALVETRONIC fully variable valve control,

Double-VANOS variable camshaft timing).

Kapasitas Mesin                     

1,499 cc

Daya Maksimum

136 hp pada 4,400 rpm

Torsi Maksikum

220 Nm mulai dari 1250 rpm

Akselerasi       

0-100 km/jam dalam 9.7 detik

Kecepatan puncak

200 km/jam

Konsumsi bahan bakar rata-rata (siklus ECE): 

18.9 km/l

Emisi CO2 gabungan berdasarkan standar EU:

124 g/km, standar emisi EU5

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
JIP TWITTER FEED
Review Produk