KANAL 4Modifikasi

Jo Python
Modifikasi offroad
Tubular Sanggar 4x4
Penulis : Suryo Sudjatmiko | Foto : Suryo Sudjatmiko

JIP - Jonathan Leonanda adalah sosok modifikator yang memiliki banyak hobi. Selain ngoprek mesin dan mengutak-atik perangkat mekanikal kendaraan lainnya, Jo, begitu orang memanggilnya, memiliki hobi memelihara bermacam reptil. Salah satu kesayangannya adalah ular python albino.

“Sebenarnya masih banyak lagi koleksi saya, namun yang paling mendapat perhatian adalah ular python albino. Selain unik dan langka, ular ini juga ‘melahirkan’ kendaraan off-road dengan spek kompetisi lho,” ujar suami dari Jasmine ini. “Tentu bukan lahir ceprot dari ular, namun kelahiran kendaraan ini tak lepas dari jasa sang python,” lanjutnya.

Alkisah si python bule ini menghasilkan banyak anak python yang juga bule. Ternyata banyak yang naksir dengan anak-anak python tersebut. Sepertinya Jo cermat melihat potensi ini. “Mulailah satu per satu ular itu berpindah tangan, dan tentunya ada imbal baliknya berupa fulus dengan nilai yang cukup membuat dompet gemuk,” kekehnya. “Semakin hari harga python kecil inipun kian fantastis, hingga terkumpul jumlah angka yang juga cukup melegakan,” gelaknya.

Di sisi lain, sebagai seorang pebengkel dan modifikator, Jo memiliki keinginan membuat kendaraan 4x4 yang spesial khusus untuk dirinya. Sayang sekali tak kunjung terlaksana. “Kemudian istri saya mengingatkan. Dia bilang jika anak-anak python bule tersebut merupakan donatur yang cukup potensial untuk mewujudkan keinginan lama itu,” lanjutnya.

Hasil penjualan ular yang pertama dihibahkan menjadi segeluntung mesin dan transmisi. Begitu seterusnya, dana dari setiap ular yang terjual, selalu diinvestasikan dalam bentuk barang off-road. Hingga suatu ketika lengkap terbentuk satu kendaraan off-road idamannya.

Tak heran jika kemudian Jo memberikan julukan kendaraannya itu sebagai python. Namun sepertinya lebih pas jika kendaraan itu kami juluki Jo Python. Sebuah kolaborasi Jo dan python kesayangannya.

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_07_07_40_15_jp.jpg

Mesin 1.5 liter berkode G15A yang biasa menggerakkan kendaraan niaga Suzuki Futura dan APV, dialihkan menjadi tulang punggung kendaraan tubular ini. Tak ada yang dimodifikasi, mesin dibiarkan dalam kondisi standar.  Mesin ini relatif sederhana, sparepart mudah didapat dan relatif murah, menjadi alasan dasar pemilihan mesin ini.

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_07_07_59_32_jp%20(1).jpg

Transmisi 5 speed bawaan mesin tetap dimanfaatkan, sedangkan transfercase menggunakan milik Suzuki Jimny yang dimodifikasi menjadi twin stick. Sehingga melahirkan opsi range lain, yakni 2L. Nampak dua tuas tambahan lain pada kabin yang merupakan aktifasi PTO dan tuas netral pada transfercase.

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_07_07_40_15_jp%20(2).jpg

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_07_07_40_40_jp%20(9).jpg

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_07_07_59_32_jp%20(8).jpg

Kabin ditata dengan sederhana dan fungsional. Mudah digapai dan juga mudah dibongkar pasang apabila terjadi kerusakan. Sepasang jok plastik dari Summit Racing dipercayakan menjadi penopang badan penumpang dan pengemudi. Jika akan dipergunakan untuk perjalanan jauh maka jok ini pun dengan mudah dibungkus lapisan empuk untuk kenyamanan.

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_07_07_40_40_jp%20(3).jpg

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_07_07_40_40_jp%20(4).jpg

Sepasang gardan belakang dengan diameter bonggol 8 inci milik Toyota Hilux tahun 1970-an dipilih sebagai garda bawah. Keduanya mengalami modifikasi dan dikawinkan dengan as roda Land Cruiser FJ40. Hal ini dimungkinkan karena diameter dan spline as roda antara FJ40 dan Hilux sama persis. Dibandingkan dengan gardan asli FJ40, gardan hibrid ini memiliki bonggol lebih kecil, dan tentunya bobot lebih ringan, namun tetap kuat.

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_07_07_59_32_jp%20(6).jpg

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_07_07_59_32_jp%20(7).jpg

Suspensi 4 link dan sokbreker coil overshock dipadukan untuk memberikan handling yang lebih baik di segala medan. Travel suspensi depan dipatok 11 inci sedangkan belakang 14 inci, kombinasi ini menghasilkan travel maksimal yang diinginkan Jo untuk merambah berbagai medan berkontur ekstrem sekalipun.

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_07_07_40_40_jp%20(5).jpg

Ban off-road produksi nasional Savero Komodo Extreme dipilih karena sudah terbukti memiliki daya tahan dan juga kemampuan mencengkram yang baik di atas medan off-road.

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_07_07_40_40_jp%20(11).jpg

Sebuah PTO dan 2 buah winch elektrik dipersenjatakan untuk mendukung kemampuan off-road dan self recovery. PTO dan sebuah winch elektrik dipasangkan bersusun di bagian depan dan sebuah winch elektrik lainnya ditempatkan di belakang.

http://jip.co.id/gallery/jip/gallery/large/2017_02_07_07_40_51_jp%20(12).jpg

Sebuah LED bar dipasangkan pada bagian atap, di antara pilar A. sebuah senjata untuk menghadang kegelapan malam.

 

Spesifikasi

Mesin                           : Suzuki G15A 1.5 liter SOHC

Transmisi                     : 5 speed manual OEM Suzuki Futura

Tranfercase                  : 2 speed part time OEM Suzuki Jimny

Gardan                           : Hybrid Toyota 8 inc (depan/belakang)

Final gir                       : 4.888 : 1

Locker                         : Detroit locker (depan)

                                    : Spol (belakang)

Sokbreker                    : Profender Coil Over shock 11 inc (depan)

                                    : Profender coil Overshock 14 inci (belakang)

Suspension                  : 4 link Suspension customized (depan/belakang) by Sanggar 4x4

Bump stop                   : Profender

Pelek                           : customized Daihatsu Taft with beadlock

Ban                              : Komodo Extreme 33 x 12.5 x15

Winch                          : DND elektric winch 12000 (depan)

                                    : TMax electric winch 9000 (belakang)

PTO                            : customized by Sanggar 4x4

Sasis                            : customized Suzuki Jimny SJ410

Tubular                        : By Sanggar 4x4

Jok                               : Summit Racing

Tangki bensin              : custom

Cut off                         : Actionline 4x4

Fairlead                       : Flathead (PTO)

                                      Warn  (winch belakang)

Bengkel                       :  Sanggar 4x4 (081-3181-38388)

 


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Utilitas | Tips Off-road
Utilitas | Tips Off-road
JIP TWITTER FEED
Review Produk