KANAL 4Utilitas

JIP - Faktanya, spion merupakan bagian kendaraan yang ada di sisi paling luar. Sehingga bagian ini yang paling banyak terkena serempet sesama pengguna jalan, atau ranting dan dedaunan pada saat off-road. “Bagian ini paling sering bonyok dan menjadikan penampilan kendaraan jadi kurang seger,” tutur Hernawan Susanto seorang penggemar otomotif.

“Bagi yang senang tampil apik, kondisi tersebut cukup membuat risih,” tambah pemilik KIA Sportage gen 1 dan Suzuki Escudo XL 7 ini. “Pergi ke bengkel sah-sah saja, namun jika kerusakannya hanya sebatas cat tergores, sebenarnya bisa kita lakukan sendiri lho,” sambungnya. “Kita bisa mengecat ulang bagian itu dengan menggunakan cat semprot kaleng yang banyak dijual di toko,” terus bapak 2 anak ini.

Pilihan warna memang menjadi kendala yang membatasi, jika warna spion tersebut mengikuti warna kendaraan. Namun jika menggunakan warna netral seperti hitam, maka aman. “Bisa juga kita ganti warna spion tersebut jadi warna netral seperti yang ada pada Sportage saya,” lanjutnya.

“Yang penting adalah penampilannya tetap apik dan apabila carut marut kena gesekan lagi maka cukup dicat ulang ,” tutupnya.

Yuk kita simak bagaimana oprekan om Hernawan ini.

  1. Setelah dilepas dari tempatnya terlebih dulu, perangkat spion ini dicuci dengan air sabun dan digosok dengan ampelas 400 atau 500.
  2. Lanjutkan penggosokan dengan amplas 1000 dan jika kemudian sudah cukup halus, silahkan keringkan. Setelah itu lanjutkan dengan menutup bagian-bagian yang tidak diinginkan untuk dicat seperti kaca. Tutup bagian tersebut dengan selotip dan dilanjutkan dengan menutup dengan koran.

Semprot batok spion dengan cat. Jangan tebal-tebal. Tunggu beberapa saat hingga sedikit kering dan ulangi pengecatan hingga benar-benar merata. Untuk hasil yang lebih baik boleh ditambahi dengan semprot cat clear. Sekarang tersedia pula cat clear berwarna semi dof, jika menginginkan hasil dengan tampilan seperti plastik.


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Utilitas | Tips Off-road
Utilitas | Tips Off-road
JIP TWITTER FEED
Review Produk