KANAL 4Modifikasi

Segala Medan!
Modifikasi
Jeep Grand Cherokee ZJ 2001
Penulis : Ferlie Milawanti | Foto : Ferlie Melawati

JIP -Suatu keberuntungan mendapat kesempatan sesi foto di depan Skadron 101 Lapangan Udara Adistujipto, jarang-jarang kan. Ini pertemuan kedua saya dengan Komandan Lanud Adisutjipto, Marsekal Pertama TNI Imran Baidirus. Pemilik Grand Cherokee yang terpampang di sini.

Pertama bertemu dengan beliau, di acara komunitas penggemar 4x4 Jogja, tunggangan Pak Imran yang terlihat 'tidak biasa', membuat penasaran soal spesifikasinya. Sekilas, memang tampilannya yang resik, lebih condong ke onroad, namun bila melihat lebih dekat aksesori dan perangkatnya, dipastikan ini offroader sejati. Ibaratnya, perpaduan antara konsep city slicker dan offroad.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_45_41_LEAD.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_45_59_DSC_3244.jpg

Lantas apa yang membuat Pak Imran melirik Grand Cherokee ZJ keluaran 2001? “Karena ingin punya bahan jip 4x4 yang handal dengan suku cadang banyak tersedia, dan mudah diupgrade penampilan maupun tenaganya dalam proyek modifikasi,” cetus pria kelahiran Bukit Tinggi. Kehandalan Jeep di dunia offroad memang sudah teruji baik soal mesin bertenaga, suspensi maupun handling yang lincah di segala medan.

“Kalau bikin tubular, kapan pakainya selalu terbentur dengan waktu, mengingat jam kerja saya cukup padat. Saya pilih Grand Cherokee yang bisa saya pakai juga buat harian,” cerita Pak Imran soal pilihan kendaraan. Ia juga menikmati mengemudi di jalur aspal. Dengan Grand Cherokee, Ia dapat menikmari semua medan dengan aman dan nyaman, bukan hanya off-road.

Setelah empat tahun jip kesayangannya menemani keseharian, baru akhir tahun lalu Grand Cherokee miliknya dimodifikasi. “Konsep modifikasi adalah jip berpenampilan jantan yang mampu menjelajah medan berat, sekaligus melaju di jalan raya dengan nyaman. Kendaraan harus berpenampilan rapi dan enak dilihat, namun bertenaga cukup ganas dan bertorsi besar,” ungkapnya.

Basis Cherokee memang menawarkan kenyamanan bagi pengendaranya di medan on road maupun offroad. Walaupun demikian, Pak Imran tetap berusaha mencari settingan yang pas demi keinginannya. “Yang paling sulit dalam proses modifikasi adalah menemukan harmoni yang tepat antara desain exterior yang agresif dengan handling yang diharapkan, karena banyaknya perubahan geometri dan konstruksi asli mobil, menyebabkan sulitnya mendapatkan pengendalian yang perfect,” ungkap Pak Imran yang juga hobi memelihara anjing.

Proses modifikasi diikuti penyempurnaan kecil-kecilan, ternyata membawa persoalan tersendiri. Populasi Cherokee di Indonesia cukup banyak, namun ketersediaan spare part dan aksesorinya kurang, tak seimbang dengan jumlah pengguna. “Cukup sulit mendapatkan part asli interior kecil-kecil yang ternyata tidak dijual di toko, serta beberapa aksesori eksterior Grand Cherokee ZJ yang perlu didatangkan dari Amerika, karena kebetulan sedang tidak ada stok di Indonesia seperti overfender Bushwacker khusus ZJ.”

Namun hal itu tak mengecilkan hatinya sebagai seorang pecinta Jeep. Proses modifikasi di bengkel ORD Unlimited di Cibubur, dijabani sepenuh hati. Beruntung, hasilnya pun memuaskan. “Sudah dicoba melibas lintasan adventure off road di kawasan komplek Lanud Adisucipto, Jogjakarta. Ternyata dapat melahap seluruh rintangan dengan mudah dan, penumpang tetap nyaman di dalamnya,” tegasnya dengan bangga.

Yuk lihat lebih dekat modifikasinya..

 

Mesin

Tenaga jadi prioritas. Maka mesin Powertech 242 cu.in (4.000 cc) diupgrade dengan Stroker Kit 505 Performance USA, yang mendongkrak kapasitasnya jadi 4.700 cc. Piston diganti jenis forged dari Icon, dengan setang piston H-Beam yang kokoh, dipadu kruk-as Titan yang langkahnya lebih panjang nyaris 39 mm. Komponen ini tak sekadar menaikkan tenaga, tapi juga durabilitas.

Rangkaian kem high performance buatan Compcams dengan intake TJ Mopar, serta filter udara plus intake K&N menjamin napas mesin lebih lega, menyesuaikan dengan meningkatnya kapasitas meningkat. Pengapian semakin sakti dengan D.U.I, lantas ditambah piggyback Unichip mengakomodir kebutuhan bahan bakar. Ditutup exhaust Borla, yang tak hanya lancar, tapi juga membuat raungan mesin semakin garang.

Sekarang tenaga melompat jauh, dari 190 dk menjadi 255 dk! Yang tersalur ke transmisi asli Aisin Wagner AW 4 - 4 Speed Matic sesuai bawaan pabrik.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_46_28_mesin.jpg

 

Suspensi

Enak di aspal, tapi tangguh di off-road, tentu butuh suspensi yang cukup serius. Suspensi yang dapat dituning sesuai kebutuhan, yakni cukup stabil ngebut di jalan aspal, namun mampu mengakomodir guncangan jalur off-road. Pilihannya adalah kombinasi per Rubicon Express 4.5” Extreme Duty (Depan-belakang).

Per jangkung itu dipadu sokbreker idaman kompetisi, Fox Racing 2.0 dengan Remote Reservoir Adjustable dengan travel 10 inci. Ditambah arm adjustable buatan JKS Manufacturing, menjadi kombinasi klop mengatasi kebutuhan offroad dan onroad dengan ban 33 inci.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_46_47_suspensi2.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_46_47_suspensi.jpg

Gardan

Gardan asli Dana 30 (Depan) dan Dana 35 (Belakang) diisi final gear Nitro 4:88, dipadu Detroit Locker True Trac, serta as roda Chromoly dari Yukon. Hasilnya adalah kombinasi pas untuk melaju di aspal serta tetap garang menggerus tanah. Pilihan inu juga dirasa pas dengan dimensi ban yang digunakan.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_45_59_gardan2.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_45_59_gardan.jpg

Pelek-ban

Obat ganteng plus performa, adalah pelek Fuel berdiameter 20 inci, dilapis ban Toyo Open Country 33x12,5. Perpaduan pas untuk menyeimbangkan off-road dan onroad.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_46_28_pelek%20ban.jpg

Bumper

Satu yang membuat tampilan ZJ ini unik, adalah bumper depan dan belakang custom buatan ORD Unlimited. Desainnya keren, selaras dengan bodi ZJ, sekaligus dudukan untuk peralatan recovery, winch elektrik Zeon 10 yang diisi fairlead Hawse dan sling baja Warn.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_45_41_bumper.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_45_41_bumper2.jpg

Interior

Kabin asli ZJ sudah cukup mewah dan nyaman, sehingga Pak Imran hanya fokus mempertahankan keasliannya. Namun, itu pun membawa kesulitan tersendiri, lantaran pernak-pernik asli cukup sulit dicari.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_46_27_interior.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_45_41_DSC_3115.jpg

Eksterior       

Sebuah roofrack OEM atau bawaan pabrik menghias atap, ditambah Side Guard custom buatan ORD Unlimited, dengan overfender Bushwacker Pocket style ZJ yang dibawa dari Amerika. Semuanya berpadu membuat tampilan Grand Cherokee ini lebih gagah, namun fungsional.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_45_59_DSC_3133.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_45_59_DSC_3132.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_46_28_lampu.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_46_28_overfender.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_13_05_46_47_sablid.jpg

Spesifikasi teknis

Kendaraan       : Jeep Grand Cherokee ZJ 2001

Wheelbase       : 2.6924 m (160")

Track               : 1.69 m

Tinggi              : 1.9 m

Ground Clearance       : 42.67 cm

Mesin               : Powertech 242 cu.in plus Stroker Kit 505 Performance USA 4.700

Piston              : Icon Forged

Conrods           : H Beam

Kruk as           : Precision Titan

Kem                : Compcams + True Single Roller Engine Tech

 Meiling Valve Lifters

Oil Pump         : Meiling High Volume

Filter Oil         : K&N Racing

Filter udara      : K&N Performance Air Intake system FIPK 2

Exhaust           : Header BORLA Full Set

Intake              : TJ Mopar

Pengapian        : Davis United Ignition ( D.U.I)+Faster Unichip

 

Throttle           : F&B 68 mm

Tenaga             : 255 Hp @3900 Rpm

Torsi                : 171.4 FtLb                               

Transmisi         : OEM Aisin Wagner AW 4 - 4 Speed

Transfercase : NP Quadratrac II

Ratio/speed     : 247 2 Speed

Gardan                        : Dana 30 (Depan)

 Dana 35 (Belakang)

Final Gear       : Nitro 4:88

Locker             : Detroit Locker True Trac

As Roda                       : Yukon Chromoly

Pelek               : Fuel Mojave R20, Adaptor Roda Spidertrac

Ban                  : Toyo Open Country 33 x 12,5 R20

Per                   : Rubicon Express 4.5" Extreme Duty (Depan-belakang).

Arm                 : Depan-belakang JKS set

Sokbreker        : Fox Racing 2.0 Remote Reservoir Adjustable, travel 10"

Powersteering  : OEM

Shock stir        : 4way Tough dog

Rem                 : Depan Rotor DBA Racing kampas EBC Yellow Stuff

 Belakang Rotor DBA Racing kampas EBC Green Stuff

 Skyjacker braided brake line

Interior                        : OEM Mopar

Lampu                         : LED Rigid 30"(atas)

 LED Rigid dually(bumper)

Bumper                        : Depan - Belakang Custom by ORD Unlimited

Roofrack          : OEM

Fender             : Bushwacker Pocket style ZJ

Side Guard      : Custom by ORD Unlimited

Winch              : Zeon 10, Hawse fairlead Warn, Sling baja Warn

Bengkel           : ORD Unlimited Cibubur 0811-2229123


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
JIP TWITTER FEED
Review Produk