KANAL 4Modifikasi

JIP - Sepintas memang tidak banyak perubahan dari sosok Taft Rocky ini. Hanya dipasangkan bumper dan ban Simex Extreme Trekker ukuran 32”. Tapi, butuh waktu 7 tahun lebih, tunggangan milik Taufik Eko Yudanto ini keluar dari bengkel. Sekilas memang tidak ada yang sulit dalam modifikasinya. Lalu apa penyebabnya?

Cerita berawal pada tahun 2009, saat itu pria yang akrab disapa Tekoy ini, mengirim Taft Rocky miliknya ke salah satu bengkel. Dan kebetulan sudah kenal dekat dengan sang pemilik bengkel. Rupanya, Tekoy ingin pasang mesin Toyota 1KZ-TE di ruang mesin Rocky-nya.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_16_11_04_26_IMG_1283.jpg

Kala itu, fenomena Taft berbekal mesin 1KZ belum seramai saat ini. Tanpa banyak pengalaman, akhirnya pemasangan mesin pun sempat tidak ideal. “Mesinnya terlalu maju dan jauh dari firewall, jadi berimbas ke distribusi bobot si Rocky,” jelas Tekoy. Akhirnya mesin pun direvisi kembali, dan memakan waktu hampir dua tahun di bengkel sampai benar-benar bisa jalan normal.

Sudah puas dengan mesin, Tekoy pun ingin bikin tunggangannya lebih ganteng. Dan dikirimlah tunggangannya ke salah satu bengkel cat ternama di Jakarta. “Lagi-lagi, karena sudah kenal dekat dengan pemilik bengkel cat, kendaraan saya sering dinomer sekiankan, he he he,” kenangnya sambil tertawa.

Tiga tahun dia tidak berjumpa dengan Rocky tercintanya ini. Sampai akhirnya ingin pindah bengkel cat agar segera dikendarai.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_16_11_04_51_IMG_1286.jpg

Sebenarnya, Rocky ini sudah punya banyak kisah. Karena Tekoy sudah menggunakan Taft Rocky ini sejak duduk di bangku kuliah. “Tadinya ini kendaraan yang biasa dipakai oleh Ayah saat dinas proyek di tahun 1995. Akhirnya dibeli setelah proyeknya usai,” terangnya. Sampai sekarang, sudah 21 tahun menemani Tekoy dengan berbagai macam kisah haru dan bahagia.

Ini pun bukan kali pertama memang kendaraannya menginap di bengkel. Tekoy sempat beberapa kali pindah aliran modifikasi. Sampai pernah mengawinkan half-cut kepala Daihatsu Taft F78, lengkap dengan mesin dan kaki-kaki independent-nya. Bahkan, sampai pernah ganti bodi utuh Taft Rocky yang kondisinya lebih baik.

Berlanjut ke cerita semedi si Rocky di bengkel. Akhirnya, setelah berhasil keluar dari bengkel cat, Tekoy mulai tidak nyaman dengan bagian kaki-kaki. “Karena pasang mesin 1KZ lengkap dengan gearbox. Kaki-kaki Toyota Hilux ini juga dipasang sekalian ke Rocky saya. Karena tidak mau ribet menyesuaikan posisi gardan,” jelas pria yang hobi bersepeda ini. Justru, Tekoy tidak betah dengan posisi bonggol gardan depan Hilux di Rocky, terlalu ke bawah karena menyesuaikan kaki independent Rocky.

“Pikir-pikir, mending dikembalikan lagi saja ke gardan solid,” ucap pria yang sempat rutin mengisi halaman Majalah JIP sebagai jurnalis. Namun bukan kembali ke gardan milik Taft, justru dia ingin ganti dengan gardan kendaraan lain. Gardan Toyota sempat dilirik, karena harganya mahal, jadi pertimbangan berat Tekoy. Sampai akhirnya dia mendapat tawaran gardan milik Cherokee XJ, “Gardannya Cherokee cuma enam juta waktu itu, ya langsung saja ketimbang harus pakai Toyota,” tambahnya.

Setelah tiga bulan di rumah. Tunggangannya pun kembali menginap di bengkel, kali ini bengkel yang sudah handal untuk meracik ulang kaki-kaki kendaraan 4x4. Dan kebetulan Tekoy juga kembali kenal akrab dengan pemilik bengkel. Karena ada beberapa permintaan khusus dan ada part suspensi yang sulit didapat, akhirnya perakitan kaki-kaki mundur beberapa bulan. “Sampai akhirnya tidak terasa sudah dua tahun ada di bengkel, he he he,” cengirnya.

Sekarang, Taft Rocky berbekal mesin 1KZ dan gardan Cherokee sedang jadi racikan favorit oleh off-roader. Tekoy hanya bisa gigit jari, melihat kawan-kawan yang lain sudah menikmati Taft bermesin 1KZ dan gardan Toyota. “Padahal, niat awalnya masuk bengkel, hanya karena kepingin punya kendaraan 4x4 diesel dengan transmisi otomatis, malah jadi semedi bertahun-tahun, he he he,” tutupnya.

Mesin

Tergiur ganti mesin 1KZ saat dapat half-cut lengkap kepala Toyota Hilux di tahun 2009, “Saat itu harganya cuma Rp 24 juta, dapat semua bagian kepala,” jelas Tekoy.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_16_11_04_51_IMG_1271.jpg

Kaki-kaki

Awalnya sempat menggunakan gardan Toyota Hilux, sayang komposisi bonggol gardan depan tidak singkron dengan swing-arm milik Taft F78 independent. Akhirnya kembali ke gardan solid pakai Cherokee XJ.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_16_11_04_26_IMG_1241.jpg

Suspensi

Ditengah perjalanan membangun Rocky, dapat tawaran shock coilover Radflo travel 12”. Dan harus penyesuaian sping rate untuk Rocky.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_16_11_04_51_IMG_1261.jpg

Ban

Pinginnya pakai velg yang offset tidak keluar dari bodi Rocky, dan tanpa menggunakan overfender. Namun, untuk mencari velg tersebut agar sejajar dengan badan Rocky saat pakai gardan Cherokee adalah hal sulit. Akhirnya, nyerah dan pakai velg besi milik Toyota RAV4 demi tampilan lebi oke. Disandingkan dengan ban kurus Simex MP Trekker ukuran 7.50-16.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_16_11_04_26_IMG_1238.jpg

Spesifikasi Teknis

Mesin               : Toyota 1KZ-TE

Gearbox           : Otomatis OEM 1KZ

Gardan               : Cherokee XJ

Link-arm          : Custom

Sokbreker        : Radflo Coilover Shock 12”

Velg                 : Ex Toyota Rav4 16”

Ban                  : Simex Extreme Trekker 32”

Bumper            : Custom XC Trial


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
JIP TWITTER FEED
Review Produk