KANAL 4Event

Sur Kali Pun!
Event
Xtrim 6 Sumatera Expedition 2016
Penulis : Rindra P & Wawa | Foto : Rindra P & Wawa

JIP - Jarak tempuhnya 292 kilometer, dan harus dituntaskan dalam waktu dua hari. Kalau lewat jalan aspal, tentu ini bukan masalah besar. Sedangkan peserta Xtrim Sumatera Expediton VI (X6) yang berlangsung 5-6 November 2016, harus melewati beberapa obstacle di jalan tanah dengan motor trail. Karena itu, pada tahun ke enam gelaran ini, dibuatlah karakter trek yang dominan high speed.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_16_04_43_20_IMG_3077%20copy.jpg

Gelaran X6 sekaligus merayakan ulang tahun ke-13 komunitas Xpedition Trail Mania atau beken disebut Xtrim Indonesia. Tidak heran, banyak peserta dari anggota Xtrim Indonesia dari beberapa chapter tergabung dalam gelaran ini. Selain perwakilan Xtrim daerah, ada juga peserta yang berdatangan dari komunitas di luar Xtrim.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_16_04_43_20_IMG_3136%20copy.jpg

"Kami selaku penyelenggara tetap harus terus melakukan inovasi agar kemasan event tetap menarik dan tetap ditunggu," tegas Musa Idhishah atau biasa disapa Doddy, selaku ketua umum Xtrim Indonesia. "Event Xtrim kali ini masih tetap mengeksplorasi keindahan alam Sumatera Utara. Juga mengutamakan keamanan berkendara, serta menjaga kekompakan dan persaudaraan," tambahnya.

Total jarak trek tadi, terbagi dalam dua hari. Hari pertama peserta harus menempuh jarak sejauh 182 kilometer dari Deli Serdang hingga Pematang Siantar. Jalur ini melewati hamparan luas perkebunan sawit dan karet. Trek high speed ini punya beberapa obstacle yang menanti 600 peserta yang ikut X6.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_16_04_43_53_LEAD.jpg

Adventurer dari luar negeri yang baru ikutan tahun ini pun cukup kelebakan di trek seperti ini. "Jalurnya bagus, saya baru pertama ini adventure di Sumatera Utara dan saya bilang kontur tanahnya licin, beda jauh dengan Australia," ucap Chris Anderson yang biasa menunggangi KTM 530 di Australia. “Di sini saya tidak ada target untuk finish cepat, yang penting sampai di finish dengan selamat dari pada celaka,” tambah Chris yang rupanya punya istri orang Medan.

Agar tidak banyak peserta yang kesulitan di dalam trek, ada dua katagori trek yang disediakan, yaitu Hobby dan Challenge. Jalur hobby lebih kepada peserta yang punya jam terbang sedikit dengan trail enduro, karena tidak ada obstacle yang memberatkan. Sedangkan jalur Challenge buat peserta yang gila dengan tantangan khas ala trail enduro.

Peserta yang sudah beberapa kali ikut kegiatan Xtrim Sumatera Xpedition puas dengan dua jenis trek ini. Apalagi ada jalur challenge, pun merasakan beda karena pada kali ini jalur yang ditempuh panjang. "Panjang dengan rintangan lumayan banyak, sehingga bisa bikin lelah kala tidak diantisipasi. Tapi tetap menyenangkan," ujar Isyuranda, peserta dari Medan.

Setelah finish hari pertama di Mako Brimob, panitia sudah mempersiapkan sederet acara menarik. Mulai dari makan malam dengan menu ikan bakar, jagung bakar, hingga ke perayaan ulang tahun Xtrim Indonesia ke-13, dilanjut hiburan musik dan pembagian doorprize. "Semua acara memang diperuntukkan dari kita untuk kita," kata Edi She, Ketua Panitia X6.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_16_04_43_53_IMG_9826.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_16_04_43_20_IMG_3145.jpg

Hari kedua start dari Mako Brimob Pematang Siantar, perjalanan dilanjut ke Danau Toba, Prapat. Jarak tempuh total di hari kedua 107 km dengan jalur Pucuk, Simpang Raya, Perkebunan teh Sidamanik, dan finish di Danau Toba.

Hari kedua jaraknya memang lebih dekat, dan suguhan obstacle tidak sebanyak hari pertama. Di sini peserta bisa memutar handle gas lebih banyak. Panas yang terik pun membuat debu berterbangan dari ban-ban pacul peserta, seolah sedang menyaksikan balap motor di gurun Dakkar.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_16_04_43_42_IMG_3193%20copy.jpg

Saat menjelang siang, sudah banyak peserta yang sampai di pinggiran Danau Toba. Namun, masih banyak juga peserta yang terhambat di dalam trek hingga sore hari, karena mengalami kendala. Panggung hiburan pun sudah menyambut peserta yang sampai di Danau Toba.

Setelah hampir seluruh peserta terkumpul di pinggir Toba. Acara pun ditutup dengan penyabutan undian nomer doorprize, untuk mendapatkan beberapa unit sepeda motor matic. Selain itu juga ada penghargaan buat peserta dan anggota komunitas yang terlibat dalam acara ini.

Sampai jumpa di Xtrim Sumatera Expedition berikutnya!


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
JIP TWITTER FEED
Review Produk