KANAL 4Modifikasi

JIP - Range Rover Classic milik Bahgya Ruchiat ini sudah mencuri perhatian sejak pertama kali jumpa di bengkel KEBSAM 4x4, di Kebon Sampeu, Bandung. Walaupun masih dalam proses ngebangun, sosok Range Rover (RR) ini sudah bikin penasaran. Karena bukan hal lumrah lihat RR Classic dipakai buat off-road ekstrem. Apalagi tunggangannya ini masih menggunakan part dari Range Rover!

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_31_25_LEAD.jpg

Begitu bangkit dari tidurnya, RR Classic ini pun bikin kejutan. Tidak hanya tampilannya saja yang gagah dan menawan. Ternyata panel cosmetic yang dipakai sangat rapih dan detail, terlalu bagus buat sosok kendaraan yang akan disiksa di trek off-road.

Kami sudah banyak melihat berbagai kendaraan off-road, tapi belum ada yang seperti ini. Tidak dipungkiri memang, kalau banyak tunggangan off-road lainnya yang rapih. Tapi, khusus tunggangan Bahgya ini, semuanya bikinan tangan dengan hasil presisi.

 “Sebenarnya saya bersyukur bisa ketemu Kang Iwan, dia selalu mau ngeladenin keinginan saya yang banyak. Tidak presisi sedikit atau tidak enak dilihat, pasti bikin ulang lagi. Ya untungnya yang punya bengkel setuju saja dengan permintaan saya, he he he,” jelas Bahgya.

Hampir semua barang-barang cosmetic off-road ini menggunakan aluminium. Pastinya jadi senada dengan ciri khas Land Rover, yang terkenal dengan bodi aluminium. Dan hebatnya perangkat aluminium ini masih dikerjakan dengan tangan dan sedikit bantuan alat.

 “Saya suka kendaraan dengan tampilan sport. Dan kebetulan sekali, aluminium jadi material yang cocok buat menampilkan sosok sporty,” jelanya. Pada eksterior, aluminium digunakan untuk pelindung girboks, cover gardan, bracket tas recovery, dan dudukan roof-rack.

Wujud tunggangan Bahgya ini bisa dibilang kolaborasi antara builder otomotif dan seniman aluminium. Dan hasilnya pun, jadi kendaraan off-road yang rapih, bahkan dipikirkan detail hingga ke komponen yang paling kecil. Cosmetic aluminium paling banyak terlibat saat masuk ke dalam kabin RR. Disinilah kita bisa melihat hasil goresan tangan seniman dalam sebuah kendaraan. Salut!

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_17_56__MG_0068.jpg

Rupanya setelah berbincang panjang soal mobil, ini adalah kendaraan off-road Bahgya yang pertama. Sebelumnya Bahgya lebih mendalami roda dua. “Saya suka sama motor classic, sebelum tercebur dalam dunia off-road. Karena itu saya pilih Range Rover Classic,” jelasnya.

 “Selain itu memang kepingin cari mobil off-road dengan wheelbase 100 inci, ini pilihannya hanya ada di Disco dan Classic,” ucapnya. Memang menurut pengguna Land Rover, wheelbase ini paling ideal buat off-road. Tidak terlalu pendek dan tidak terlalu panjang, berada di tengah-tengahnya. Traksi dikeempat roda tetap maksimal hampir disemua jenis trek. “Saya pun jadi tergila-gila dengan wheelbase 100 ini,” tambahnya.

Bagi penggila Land Rover, pasti akan sedikit menusuk hati. Bagaimana tidak, Range Rover Classic milik Bahgya ini mulus, dan harus jadi korban untuk disiksa di trek off-road. “Ceritanya saya dapat dari salah satu teman yang ingin jual Range Rover Classic. Kalau dibilang semulus-mulusnya mobil tua, ya Range Rover ini. Tapi mau gimana lagi, memang sudah niatan buat off-road kok,” ucapnya.

Si RR Classic yang orisinal dengan cat mengilap ini pun tidak sempat dijajal oleh Bahgya. Begitu pindah kepimilikan, langsung dikirim ke bengkel. “Waktu itu saya beli pas bulan puasa 2014 lalu. Targetnya ingin dipakai buat ikutan IOX Java 2015, jadi langsung dikejar pengerjaannya,” jelasnya.

 Memang perkerjaan seni seperti ini tidak bisa akrab dengan waktu. Akhirnya waktu pengerjaan pun lewat dari jadwal berlangsungnya IOX di tahun 2015. “Rupanya baru siap sebelum berlangsungnya IOX & Friends Challenge 2015, jadi bisa ikutan seleksi buat event IOX tahun 2016 Jogja-Bali,” celetuk pria yang hobi naik motor Triumph ini.

 Sebenarnya Bahgya tidak mau dibilang fanatik, tapi kepuasannya dalam sosok kendaraan ada pada part yang digunakan. “Saya lebih mempertahankan part dari Land Rover, atau part aftermarket yang dibuat khusus untuk Land Rover,” jelasnya.

Karena itu gardannya tetap mempertahankan milik Classic. Hanya saja as roda sudah diganti milik Ashcroft, yang juga jadi part aftermarket Landy. Bahkan mesin pun pakai produk aftermarket khusus buat Land Rover yang ingin engine swap. Mesin diesel garapan MDengineering bertipe HS 2.8 TGV pun disematkan ke dalam ruang mesin.

 Lucunya, dari semua bagian part istimewa si RR Classic. Bahgya paling tertarik pada satu part yang justru paling jarang dilihat. “Saya paling suka lihat cover gearbox-nya, terlihat seperti mobil balap rally, he he he,” tutup Bahgya.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_22_25_mesin.jpg

Mesin

Mesin mengasup HS 2.8 TGV, “Ini mesin aftermarket yang pernah digunakan oleh Defender milik Gigglepin 4x4. Mesin diesel konvensional, tapi sudah pakai sistem turbo variable geometry,” jelas Bahgya. Basis mesin ini sama dengan 300 Tdi, namun sudah dirancang lebih baik lagi oleh MD Engineering dari Ruskington, UK. Sistem mesin tetap diesel konvensional, tidak commonrail atau menggunakan ECU. Tapi sudah mengaplikasikan Turbo Variable Geometry, untuk menghasilkan torsi sejak 1.400 rpm.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_25_36_transmisi.jpg

Gearbox

Transmisi manual 6 speed milik Defender Puma menggantikan transmisi otomatis Classic. Pertimbangannya, transmisi tipe MT82 milik Puma, punya rasio gear yang ideal buat off-road. Karena rasio gigi satu MT82 ada diangka 5.44, ini lebih besar dari rasio gear Landy Defender generasi sebelum Puma.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_21_58_IMG_5261.jpg

Gardan

Karena masih ingin mempertahankan jiwa Range Rover, gardan bawaan tetap digunakan dan diperkekar. Agar kaki-kaki tetap kuat menanggung beban 3,6 ton saat dikunci ARB Airlocker.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_18_39_IMG_5253.jpg

Pelek

Berhubung velg beadlock untuk baut roda Land Rover sulit didapat. Akhirnya pelek beadlock ini pun diubah lubang bautnya menyesuaikan RR Classic. Pelek beadlock ini pun masih terserempet dengan part aluminium. Ring besi beadlock diganti dengan aluminium tebal, dan hasilnya pun jadi lebih sangar.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_17_56_cover%20lampu.jpg

Cover Lampu

“Dari seluruh bagian body part custom, cover lampu inilah yang pengerjaannya paling lama dan sulit,” terang Bahgya. Bukan hanya enak dilihat, tapi cover lampu ini dirancang memang untuk melindungi lampu, dan sudah pernah teruji saat kena impact di trek off-road.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_18_18_guard.jpg

Guard

Guard fender depan didesain serasi dengan bentuk Range Rover Classic, seperti jadi satu panel dengan bodi RR. Dan bisa knock-down, kalau si RR sedang tidak dipakai buat off-road ekstrem.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_17_56_dashboard.jpg

Dashboard

Panel aluminium dirancang agar serasi dengan dashboard RR. Karena suka dengan nuansa sporty, Bahgya mengganti indikator dengan model auto gauge, rumah indikator berbahan aluminium pun dibentuk rapih di atas dashboard.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_17_56_doortrim.jpg

Doortrim

Panel kain pada doortrim tidak lagi digunakan. Sesuai dengan konsep, alumunium pun ikut menghias dan menguatkan konstruksi doortrim. Storage asli pun sudah diubah menggunakan jaring untuk meletakan barang-barang kecil dan botol minum.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_25_36_steer.jpg

Steer

Berhubung suka dengan nuansa sport, setir pun dipesan khusus. Setir bikinan Moto-Lita Custom ini dibuat sporty namun tetap classic. “Alasan pakai custom supaya ada logo Land Rover-nya, he he he,” cengir Bahgya.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_25_36_speedometer.jpg

Speedometer

Rumah speedometer sudah dipensiunkan. Gantinya rumah speedometer dari aluminium bergaya kendaraan sport classic. Tachometer juga dipesan lewat Speedhut, agar tampilannya masih terasa aura Land Rover.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_22_25_rakom.jpg

Rakom

Letak radio komunikasi dan audio player ada di plafon, dan menutupi lubang sun-roof. Radio komunikasi Icom IC-2300H bertugas menerima komunikasi dengan peserta selama di hutan.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_22_25_roofrack.jpg

Roofrack

Roofrack dibuat adjustable, bisa digeser-geser posisinya. Kebetulan Bhagya juga hobi main kayak di laut, jadi saat barang yang ditaruh panjang, posisi roof-rack tinggal disesuaikan. Saat mau berangkat off-road selama dua minggu, posisi roof-rack menyesuaikan dengan bracket cargo rack yang dipasang di atap.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_22_25_recovery.jpg

Recovery

Recovery bag ini cuma diproduksi tiga buah, “Karena yang dua lagi gagal bikinnya, kurang presisi, he he he,” ucap Bhagya. Selain fungsional, tas recovery ini sepertinya bisa jadi ide buat off-roader lainnya.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_25_36_snorkel.jpg

Snorkel

Snorkel dibuat lebih rendah dari kepala pengemudi untuk alasan safety saat menyeberangi air. Biar mobil tidak lanjut jalan bila air terlalu dalam.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_22_25_jok.jpg

Jok

Jok orisinal Classic sengaja dipertahankan karena nyaman buat off-road lama.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_20_05_17_56_cargo.jpg

Cargo

Di balik perlengkapan apparel dan camping, tersimpan water tank dan fridge freezer Waeco.

 

Spesifikasi Teknis

Mesin               : HS 2.8 TGV MD Engineering

Intercooler       : AlliSport

Transmisi         : MT82

Transfercase    : LT 230

Final Gear       : KAM Diff 3.88

Gardan            : OEM Classic

As Roda           : Ashcroft

Locker             : ARB Airlocker

Per                   : Old Man Emu

Shockbreaker   : Profender Reservoir

Suspensi          : Extreme 4x4

Pelek               : Beadlock Custom

Ban                  : Simex Extreme Trekker 35”

Bumper            : Custom KEBSAM 4x4

Rollbar             : Custom KEBSAM 4x4

Side guard        : Custom KEBSAM 4x4

Fender guard   : Custom KEBSAM 4x4

Roof-rack        : Custom KEBSAM 4x4

Off-road Cosmetic      : Custom KEBSAM 4x4

Headlamp        : Aftermarket LED

Lampu Sorot    : LED Bar

Water Tank     : Front Runner 45L

Fridge Freezer : Waeco

Rakom             : Icom IC-2300H

Aki                  : Optima Yellow Top

Winch              : Warn 8274 (depan)

                          Warn 9.5Xp (belakang)

Bengkel           : KEBSAM 4x4

                          Jl. Kebon Sampeu, Bandung


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
JIP TWITTER FEED
Review Produk