KANAL 4Utilitas

JIP - Mungkin Anda merasa sebal begitu ada yang menyebut kata asuransi mobil. Karena sudah terbayang besaran premi yang harus dibayar. Lalu dengan aturan-aturan yang disebutkan, ikut membuat Anda berpikir 2 kali untuk mengajukan polis asuransi.

Apalagi jika kita sedang membayar cicilan mobil setiap bulan, pasti akan menambah beban pembayaran. Padahal kalau kita pandang secara komprehensif, besaran premi tersebut pun sepadan dengan manfaatnya.

Sebagai contoh bila kita sedang mencicil mobil Suzuki Vitara baru seharga 3 juta rupiah per bulan, dan kita harus menambah pembayaran premi asuransi mobil terbaik seharga 500 ribu rupiah lagi. Padahal kalau kita pandang secara komprehensif, besaran premi tersebut pun sepadan dengan manfaatnya.

Terlebih lagi manfaat asuransi mobil bukan hanya menjamin kerugian pada kendaraan Anda saja, melainkan menyediakan layanan yang menguntungkan  lainnya.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_21_11_13_57_SUV%20Nerjang%20Banjir%20-%20Yosi.jpg

1. Memberikan Rasa Nyaman dalam Perjalanan

Kita tidak perlu lagi khawatir saat harus berkendara di jalan raya. Perasaan tersebut pun lenyap karena sudah ada jaminan dari asuransi yang akan menanggung risiko kejadian saat kita berkendara.

2. Mencegah Kerugian Besar pada Kendaraan

Ketika sudah resmi mobil Anda diasuransikan maka secara otomatis semua risiko dan juga tanggungan yang akan terjadi pada kendaraan dan pemiliknya, beralih ke perusahaan asuransi. Kerugian finansial pun dapat ditekan.

3. Menjaga Nilai Kendaraan dalam Jangka Panjang

Harga kendaraan tidak murah. Maka dari itu, asuransi akan menjadi jaminan aset agar nilainya tetap bertahan di masa depan. Ketika akan terjadi sesuatu dengan kendaraan Anda, maka asuransi yang akan mengembalikan nilai kendaraan tersebut seperti semula. Bandingkan saat mobil Anda hancur lalu dijual, sudah pasti harganya sangat jatuh.

4. Layanan Khusus yang Baik

Ketika Anda mengalami keadaan darurat, maka pihak perusahaan asuransi pun bisa sangat membantu. Misalnya saja layanan derek gratis 24 jam, montir, bantuan perjalanan,

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_03_21_11_13_57_DSC00625.jpg

 

 JENIS RISIKO YANG DITANGGUNG

Secara garis besar jenis pertanggungan asuransi mobil dapat dibagi menjadi dua, yakni :

– Comprehensive/All Risk

Asuransi jenis ini akan menawarkan jaminan dari segala macam kerusakan kendaraan baik secara minor maupun mayor. Semua kerusakan, hingga kerusakan yang paling terkecil seperti bodi kendaraan lecet karena diserempet, spion patah, stoplamp pecah, dan juga lain sebagainya akan diganti oleh pihak asuransi. Sekarang ini sudah banyak tersedia produk mobil dari asuransi ACA, di berbagai situs asuransi mobil di internet yang dapat Anda cermati lebih lanjut untuk menemukan produk yang tepat untuk kebutuhan Anda

– Total lost only (TLO)

Lain dengan asuransi all risk, asuransi ini hanya akan menjamin penggantian risiko bila kendaraan mengalami kerusakan hingga total mencapai di atas 75% saja. Di samping itu juga memberi penggantian jika memang kendaraan Anda menjadi target tindakan kriminal dan juga pencurian, atau pun perampokan. Jenis asuransi ini dapat ditemukan di berbagai perusahaan asuransi di Indonesia seperti asuransi mobil TLO BCA Finance atau Garda Oto.

Cara kerja asuransi mobil

Apa saja yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sebenarnya sudah ada standar yang tercantum di dalam PSKBI (Polis Standar Kendaraan Bermotor). Hanya saja dalam perkembangannya, perusahaan asuransi pun sangat kreatif memberikan berbagai layanan tambahan bagi konsumennya di luar PSKBI tersebut.

Layanan tambahan alias perluasan jaminan tersebut seperti sebuah risiko akibat huru hara, kerusuhan, terorisme, dan juga lain sebagainya. Termasuk juga sebuah layanan derek gratis dan juga layanan pengaduan 24 jam.

Agar tahu bagaimana asuransi mobil dapat memberikan manfaat untuk kendaraan Anda, mungkin bisa menggunakan contoh kasus sebuah pencurian mobil. Pemilik mobil yang sudah mengasuransikan kendaraannya baik itu dengan jenis comprehensive maupun TLO, memiliki hak untuk mengajukan klaim kerugian sehingga mendapatkan uang ganti rugi atas tindak kriminal yang sudah terjadi.

Pertama, penting untuk melapor ke kantor polisi dalam tempo waktu 1X24 jam. Lalu polisi pun akan menerbitkan surat kehilangan yang akan sangat berguna untuk proses klaim asuransi dan juga memblokir surat-surat kendaraan itu.

Setelah itu ada jeda waktu 72 jam setelah kejadian untuk proses laporan ke pihak asuransi. Proses klaim pun baru bisa dilakukan setelah proses pencarian dari pihak kepolisian sudah berlangsung selama hampir 60 hari.

Maka sangat penting bagi Anda untuk menyadari sejak awal perlunya untuk melindungi kendaraan kesayangan dengan jasa asuransi mobil. Agar Anda tidak banyak mengeluarkan dana ketika mobil Anda harus menepi ke bengkel gara-gara mengalami musibah.


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
 Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
Restorasi Custom | Daihatsu Delta DV26 1977
JIP TWITTER FEED
Review Produk