KANAL 4Event

BC9 dan sekitarnya
Event
Meratus Expedition 2017
Penulis : Farman Bahar | Foto : Indonesia 4WD

JIP - Semua seri ekspedisi IOX dipastikan berkelas hardcore. Namun, dari semuanya, banyak yang menyebut Meratus Expedition (MEX) sebagai trek yang paling neraka. Nah, dibanding MEX pertama tahun lalu, ada beberapa bagian MEX 2017 ini yang dianggap lebih sulit.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_04_20_07_00_10_IMG_4049.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_04_20_07_00_10_IMG_4052.jpg

Mengambil jalur yang berbeda, kali ini medannya dijamin lebih ekstrem oleh panitia penyelenggara. “Dibanding tahun lalu, memang lebih banyak trek sulitnya. Ada tiga bagian yang menurut saya susah, Jhonlin Hills, SBM Hills, dan 1000 miles Hills, tiga ini susah banget,” ungkap Yusdar Umar yang gabung di tim Kancil.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_04_20_07_00_10_IMG_4050.jpg

Menurut Yusdar, harus ada kerjasama tim yang baik, sabar, dan paling penting menurut dia adalah winching point harus benar. Menurut Wahyu Lamban, ada tambahan dua titik lagi yang menurutnya berat. “Dua sungai sebelum dan sesudah BC9. Kita butuh dua hari untuk melintas jarak 3 km-an,” ungkap offroader senior asal Jogja itu.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_04_20_07_00_40_IMG_4056.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_04_20_07_00_40_IMG_4055.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_04_20_07_01_07_IMG_4060.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_04_20_07_01_07_IMG_4061.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_04_20_07_01_07_IMG_4059.jpg

Eri Rinzani yang tergabung di tim Bekantan, menyebut bahwa kendaraan memang paling tersiksa di event semacam ini. Salah satu kendaraan timnya mogok karena kerusakan injektor, dan terpaksa berhenti dalam kondisi miring di tanjakan, karena sudah tidak dapat dipindahkan. “Akhirnya kita sepakat berhenti di situ, dan istirahat tanpa sempat buka tenda karena posisi mobil dan kondisi alamnya menyulitkan. Tidur miring semalaman.”

Saat mereka coba lagi pagi hari, mobil belum bisa hidup. Akhirnya mereka memeriksa mesin dengan seksama, dan ketahuan injektornya sudah rusak. Mereka memindahkan nosel injektor dari mobil lain. “Saya relain mobil lainnya naik duluan dengan menyalip dari sisi kiri yang sebenarnya cukup susah. Kita biarkan mereka jalan. Saya sempat terpisah dan mengalami beberapa kerusakan tambahan, seperti kopling winch dan long tie rod. Trek ini cukup sulit, kita kehabisan perbekalan karena posisinya jauh dari desa, benar-benar baru dilintasi mobil. Mungkin inilah trek Kalimantan terbaik saat ini,” imbuh Eri.

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_04_20_07_00_40_IMG_4057.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_04_20_07_01_07_IMG_4058.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_04_20_07_00_10_IMG_4051.jpg

http://jip.grid.id/gallery/jip/gallery/large/2017_04_20_07_01_07_IMG_4062.jpg


Bengkel WILLYAMS RACING 4x4

Spesialis : Parts & ACCESSORIES

Jl. Laswi No. 87A Bandung. T: (022) 7330788

Bengkel Volcano Motor Sport

Spesialis :

Jl. Mohammad Toha 276 Bandung T: (022) 5205658

Bengkel Welirank 4x4

Spesialis :

Jl. Komando Hayam Wuruk 181 Petak Pacet Mojokerto, Jawa Timur
JIP [TV]
Video King Of The Hammers clip by JIP
JIP IMAGE
MEX DIRTHBIKE part 4
MEX DIRTHBIKE part 4
JIP TWITTER FEED
Review Produk